Nasionalisme Kaum Muda Luntur, Pendidikan Wawasan Kebangsaan Terkesan Hanya Habiskan Anggaran Akhir Tahun

 355 total views,  2 views today

TANJUNG ENIM, KS

IMG_20151118_100154

Suasana Pelatihan Wawasan Kebangsaan di Kantor Kecamatan Lawang Kidul (Foto.Dok.KS/Aldo RGBA-FM)

“Kita menyadari rasa kebangsaan sekarang ini mulai luntur. Maka dari itu kita akan tingkatkan lagi melalui kegiatan sosialisasi wawasan kabangsaan ini. Apa yang kita dapatkan ini dapat disampaikan kepada orang-orang yang ada di lingkungan kita, karena betapa pentingnya wawasan ini yang menyangkut 4 pilar kabangsaan,” demikian dikatakan H Safranudin BBA saat membuka pendidikan wawasan kebangsaan di Balai Kecamatan Lawang Kidul, Rabu (18/11/2015).

Safranudin menjelaskan, sosialisasi wawasan kebangsaan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme generasi muda. Karena menurutnya, sikap nasionalisme pemuda saat ini sudah luntur. Hal ini terjadi akibat masuknya budaya asing. Maka dari itu dirinya sangat mendukung dengan kegiatan ini.

Ia mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini akan mengingatkan kembali kepada warga negara agar mengetahui fungsi bernegara. Sesuai dengan UUD 1945 dan Pancasila, sekaligus untuk membentengi generasi muda dari hal-hal negatif yang dapat membahayakan negara.

“Makanya kegiatan ini perlu mendapatkan perhatian bersama. Demi kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia. Supaya kita makmur dan sejahtera,” ujar Safranudin yang akrab di panggil Papang ini.

Sementara itu, Ismanudin S.Sos, Ketua Panitia dari Kantor Kesbangpol Kabupaten Muara Enim mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan nilai kebangsaan kepada masyarakat, terutama generasi muda di Kecamatan Lawang Kidul. Serta penguatan kebangsaan kepada masyarakat sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

Tema acara kali itu “Kita Mantapkan Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara, Warga Negara Indonesia Yang Berwawasan Kebangsaan, guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Muara Enim Yang Sehat, Mandiri, Agamis, dan Sejahtera (SMAS).

Sementara itu, Kabid ideologi Kesbangpol Muaraenim, Abdulah Bhakti mengatakan, pendidikan ini sangat penting untuk penguatan wawasan kebangsaan kepada para generasi penerus terutama para pemudanya. Sesuai dengan 4 pilar dan NKRI adalah harga mati.

“Apalagi sepertinya wawasan kebangsaan ini sudah mulai tergeser dengan budaya asing. Dan tidak percaya dengan budaya kita sendiri. Supaya tidak luntur, maka harus ada program supaya hal itu tidak terjadi,” ungkapnya.

Peserta kegiatan sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan dalam wujud peserta 4 pilar kebangsaan di Kabupaten Muara Enim diikuti puluhan perwakilan pemuda kecamatan Lawang Kidul. Ada sekitar perwakilan 21 Karang Taruna, 14 LSM, 8 perwakilan Pemuda, dan 7 Ormas dengan total keseluruhan 50 orang peserta yang ada di Kecamatan Lawang Kidul.

Salah satu peserta mengatakan, kegiatan ini sangat baik. Sebab melalui event ini dirinya dan pemuda lainnya bisa mendapatkan pembekalan peningkatan wawasan kabangsaan. “Tetapi sayangnya kenapa kegiatan seperti ini selalu di laksanakan di penghujung tahun. Sehingga kesannya, hanya ingin menghabiskan anggaran tutup tahun dari dinas instansi terkait,” pungkasnya.

Narasumber lain yang hadir, selain dari Kesbangpol juga melibatkan TNI, diantaranya Koramil Kecamatan Lawang Kidul.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster