Muara Enim Bisa Jadi Trend Center Tingkat Nasional, 79 Inovasi Diluncurkan

 259 total views,  2 views today

MUARA ENIM, KS

Muara Enim sudah menjadi yang terdepan di Sumsel dalam inovasi. Setidaknya ada 79 inovasi yang diluncurkan SKPD. Bahkan Kabupaten Muara Enim mendapatkan penghargaan 4 kabupaten dan kota di Indonesia dari Lembaga Administrasi Negera (LAN) sebagai daerah inovasi terbaik.

Inovasi yang dimiliki Muara Enim setidaknya menjadi trend center di Indonesia. Hal itu di ungkapan Suripto SAP MAB perwakilan LAN RI dalam kegiatan gelar inovasi daerah di gedung kesenian Putri Dayang Rindu, Kamis  (19/11/2015).

‎Atas inovasi tersebut, Lembaga LAN RI memberikan apresiasi  terhadap Pemerintah Kabupaten Muara Enim yang sudah menjalankan 79 inovasi di SKPD, untuk mendukung pelayanan pemerintahan yang maksimal kepada masyarakat.

Foto bersama jajaran SKPD dan LAN di Muaraenim (Foto.Dok.KS/Aldo-RGBA FM)

Foto bersama jajaran SKPD dan LAN di Muaraenim (Foto.Dok.KS/Aldo-RGBA FM)

Suripto mengatakan, Kabupaten Muara Enim termasuk cepat dalam menggerakkan inovasi daerah yang sudah diluncur sebanyak 79 inovasi. Semakin banyak inovasi, maka Muara Enim akan semakin bagus dan semakin terdepan.

Setelah melakukan penilaian dari 79 inovasi, setidaknya didapat 10 inovasi terbaik yang akan diumumkan. Penentuan inovasi terbaik tingkat Kabupaten Muara Enim ini sebagai pemacu motivasi untuk SKPD memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

“Bahkan, LAN memberikan apresiasi terkhusus terhadap tiga inovasi yang bisa dikedepankan tingkat nasional. Seperti inovasi bebas pasung dari Puskesmas Teluk Lubuk, Belimbing, Inovasi membayar raskin dengan sampah, serta inovasi pembuatan kartu kuning bisa dilakukan di kecamatan. Jika dilakukan sungguh-sungguh, pasti inovasi ini bisa jadi trend center tingkat nasional,” tutur Suripto.

Ir H Muzakir Sai Sohar, Bupati Muaraenim saat memberi enghargaan kepada sejumlah SKDP dalam peluncuran 79 Inovasi Daerah (Foto.Dok.KS/Aldo RGBa-FM)

Ir H Muzakir Sai Sohar, Bupati Muaraenim saat memberi penghargaan kepada sejumlah SKPD dalam peluncuran 79 Inovasi Daerah (Foto.Dok.KS/Aldo RGBa-FM)

Setelah dilakukan penilian, didapat 10 inovasi terbaik tingkat Kabupaten Muara Enim yakni Dinas Kesehatan dengan inovasi bebas pasung puskesmas Teluk Lubuk, Kecamatan Belimbing. Kelurahan Air Lintang dengan inovasi bayar raskin dengan sampah.

Bappeda dengan inovasi pengelolaan CSR melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU) dengan inovasi saung ilmu Desa Pelakat. Bagian Umum dengan inovasi akibat suka facebook (andalkan kiriman berita melalui surat kawat melalui facebook).

Dinas PU Cipta Karya dengan inovasi air bersih perdesaan mandiri. BP4K dengan inovasi desa green mol (Mikro Organisme Lokal). BKD dengan inovasi E-inventory barang. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dengan inovasi kartu kuning di kecamatan. Badan Lingkungan Hidup dengan inovasi pemanfaatan gas metane dari timbunan sampah TPA menjadi energi alternatif pengganti LPG.

Kepala Bappeda Muara Enim DR H Abdul Najib MM mengungkapkan gelaran inovasi daerah ini sebagai wujud motivasi kepada SKPD untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat melalui inovasi pelayanan mudah dan cepat. Untuk memeriahkan HUT Kabupaten Muara Enim ke-69, digelar pameran dari 79 inovasi dari SKPD yang dilaksanakan di gedung kesenian putri dayang rindu. “Serta pengumuman pemenang 10 inovasi terbaik tingkat Kabupaten Muara Enim,” tutur Abdul Najib.

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar memberikan apresiasi terhadap 79 inovasi yang dilakukan SKPD. Melalui inovasi Muzaikir berharap Pemkab Muara Enim bisa memaksimalkan pelayanan masyarakat dengan cara yang mudah dan cepat. “Kepada yang menerima penghargaan inovasi terbaik tingkat Kabupaten Muara Enim, bisa dijadikan motivasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi,” ucap Muzakir.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster