DEBAT CAKADA PALI TIDAK DIIKUTI PASLON NOMOR URUT 2

 318 total views,  4 views today

PALI, KS

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) memastikan dalam debat Calon Kepala Daerah (CAKADA) Bumi Serepat Serasan tidak akan diikuti oleh Pasangan Calon (Paslon) nomor 2, Sukarman-AlMarizan.

303346-12125501102015@output_lwfZFbHal itu disampaikan langsung oleh ketua KPUD PALI, H. Hasyim, SE usai menggelar rapat terbuka dengan beberapa instansi terkait di lingkungan Pemkab PALI, membahas debat cakada, Rabu (18/11) bertempat di ruang rapat Sekretariat KPUD Kabupaten PALI, jln. Merdeka km 9 kelurahan Handayani Mulya.

Menurut Hasyim, kepastian itu didapatnya setelah paslon SUKA telah mengirim surat kepada KPUD PALI yang berisikan tidak bersedia untuk mengikuti debat nanti,namun proses tahapan itu tidak bakal urung.

“Pihak Paslon SUKA tadi sudah memberikan surat kepada Kita, yang isinya tidak bersedia mengikuti Debat Cakada nanti. Namun pihak SUKA tidak memberikan alasannya, jadi tanyakan saja langsung kepada mereka,namun walaupun Paslon tersebut tidak bersedia, proses tahapan ini Pasti Kita gelar,” tuturnya.

Sedangkan paslon lain, Hasyim menambahkan baru satu paslon yang memastikan ikut debat. “Paslon nomor 3 sudah dipastikan untuk ikut debat, sedangkan paslon nomor 1 belum memberikan kepastianya. Pihak paslon nomor satu belum memberikan surat kesediaannya, baru sebatas komunikasi via telpon,” tambah Hasyim.

Dalam peraturan PKPU nomor 7, disitu dijelaskan jika paslon boleh mengikuti debat ataupun tidak tidak ada sangsi yang akan diterima Paslon pesrta Pilkada.

“PKPU nomor 7 kan sudah jelas, paslon tersebut punya hak untuk ikut debat ataupun tidak. Dan tidak ada sanksi kepada paslon tersebut, hanya saja kehilangan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misinya di muka umum dan masyarakat bisa menilainya secara langsung,” bebernya.

Untuk debat sendiri masih belum dipastikan tanggalnya. Karena sambung Hasyim, tempat akan berlangsungnya debat tersebut belum disetujui oleh  Pertamina , karena rencananya akan mengambil tempat di Gedung Asendora Komperta Pendopo.

“Kalau bisa tanggal 27, tapi kalau tidak bisa kami ajukan antara tanggal 26, 27 atau 28, November ini. Tergantung disetujui pihak Perusahaan tersebut,” tambah Hasyim.

Menanggapi ketidaksediaan Paslon nomor urut Dua, Hasyim menjelaskan bahwa kesempatan terbuka lebar kalau Paslon tersebut berubah pikiran,

“Satu hari sebelum debat pun masih bisa konfirmasi untuk  ikut debat, makanya jika paslon nomor urut 2 berubah pikiran,masih bisa ikut momen tersebut,” jelas Hasyim

Sementara itu, Sukarman Cabup PALI nomor 2 ketika dihubungi Rakyat Merdeka Sumsel Online via telpon mengatakan akan koordinasi terlebih dahulu dengan tim pemenangannya.

“Saya koordinasi dulu dengan tim pemenangan,” singkatnya via telpon yang langsung menutup telpon. 

TEKS : RMOLSUMSEL.COM

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster