Data Kemiskinan Dua Kecamatan Belum Valid, Bappeda Empat Lawang : Kita Berdasar Data BPS

 275 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS
Dari sepuluh kecamatan di Empat Lawang, tercatat dua kecamatan belum valid data angka kemiskinan, yaitu Kecamatan Pendopo dan Saling. Demikian disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Empat Lawang, DR H Nanti Kasih Ade melalui Staf Sosial Budaya, Hikmah, usai melaksanakan rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK), belum lama ini (18/11/2015).

303346-12125501102015@output_lwfZFbDijelaskan Hikmah, dalam rapat kali ini para camat menjelaskan berapa jumlah angkah kemiskinan disetiap wilayah yang dinaunginya. Jadi dari hasil pemaparan mereka itu dapat menjadi acuan angkat kemiskinan di Empat Lawang ini mengalami penurunan atau mengalami kenaikan. “Seluruh Camat tanpa terkecuali memaparkan angka kemiskinan di wilayah masing-masing,” jelasnya.

Bagaimana minyikapi adanya masyarakat miskin yang tidak mendapat bantuan? Hikmah tidak bisa berkomentar banyak menyangkut adanya masyarakat miskin yang tidak mendapatkan bantuan atau tidak terdaftar sebagai masyarakat miskin. Sebab menurutnya data yang didapatkan itu sesuai dari hasil pendataan Badan Pusat Statistik (BPS). “Ya kita hanya mengacu dengan data dari BPS, terlepas dari itu bukan wewenang pihaknya,” imbuhnya.

Sesuai dengan data pada 2012, katanya, angka kemiskinan mencapai 13.36 persen, namun pada 2013 mencapai 13.10 persen. Artinya angka kemiskinan di Kabupaten Empat Lawang mengalami penurunan, walaupun penurunannya tidak segnifikan. “Kalau untuk tahun 2014 dan 2015 pihaknya belum dapat, karena sesuai data yang dikeluarkan dari pusat hanya tahun 2012 dan 2013 saja,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster