Setelah Didesak, Akhirnya PT. BKPL Penuhi Tuntutan Keluarga Ahli Waris Alm Mulyono

 281 total views,  2 views today

MUARA ENIM, KS

Perselisihan antara Manajemen PT Bangun Karya Pratama Lestari (BKPL) dengan keluarga ahli waris almarhum Mulyono warga Bedeng Kresek, Lingkungan Bukit Munggu, Kelurahan Pasar Tanjung Enim, berakhir damai.

BACO BERITA SEBELUMNYO : PTBA DESAK MANAJEMEN PT.BKPL SEGERA PENUHI HAK KARYAWANNYA YANG MENINGGAL

Pihak manajemen PT BKPL akhirnya memenuhi tuntutan keluarga ahli waris dengan sekali bayar uang pesangon tanpa dicicil. Hal ini sesuai yang dijanjikan, ahli waris mendapat Rp.31.059.000. Selain itu, PT.BKPL juga akan menjamin pencairan uang Jamsostek almarhum, meliputi uang kematian, uang pemakaman dan dapat di selesaikan pada bulan Februari 2016 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh kuasa hukum perusahaan Hairozi didampingi HRGA PT BKPL Tri Suhendro di Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Muara Enim, Selasa (17/11/2015).

BACO BERITA SEBELUMNYO : DEWAN SEGERA PANGGIL MANAGEMEN PT.BKPL‎, TERKAIT MASALAH HAK KARYAWAN YANG DILALAIKAN

“Untuk pesangon sejumlah yang disepakati sebelumnya hari ini kita bayar. Untuk penyelesaian masalah jamsostek dan lainnya, pihak keluarga almarhum Mulyono kami berharap bisa bersabar. Karena pihak perusahaan tengah menyelesaikan tagihan pembayaran premi ke jamsostek. Paling lambat Februari 2016, jadi mohon pengertiannya,” kata Hairozi.

Tampak Kuasa Hukum Perusahaan PT BKPL, Hairozi SH (kemeja putih), Sesudah mediasi ketika di wawancara sejumlah awak media di Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Muara Enim, Selasa (17/11/2015). (Foto.Dok.KS/Aldo RGBA-FM)

Tampak Kuasa Hukum Perusahaan PT BKPL, Hairozi SH (kemeja putih), Sesudah mediasi ketika di wawancara sejumlah awak media di Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Muara Enim, Selasa (17/11/2015). (Foto.Dok.KS/Aldo RGBA-FM)

Ia meminta kepada pihak keluarga almarhum Mulyono untuk tetap bersabar. Kepada ahli waris mohon mengerti dengan kondisi keuangan perusahaan sekarang ini. Namun, kata dia, pihak Manajemen PT BKPL tidak ada niat untuk lari dari tanggung jawab. “Sebagai jaminan kita buat perjanjian secara tertulis,” imbuhnya.

BACA BERITA SEBELUMNYO : TAK PENUHI HAK KARYAWAN YANG MENINGGAL, PTBA HARUS PUTUSKAN KONTRAK DENGAN PT.BKPL

Sigit Eko Raharjo, mewakili keluarga ahli waris almarhum Mulyono, mengaku puas dengan sikap Manajemen PT.BKPL yang akhirnya memenuhi janjinya. Ia sebenarnya sangat menyayangkan permasalahan ini bisa sampai berlarut-larut dan baru sekarang ini ada kepastian.

“Sebenarnya jawaban seperti ini yang kami inginkan. Sebelumnya kita sudah ada kesepakatan, tinggal actionnya saja yang belum di lakukan oleh PT.BKPL. Kenapa tidak dari dulu seperti ini,” ungkap Sigit.

Dikatakan, atas nama keluarga almarhum Mulyono mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Terutama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Muara Enim, yang telah menerima keluhan permasalah yang dialami orang tuanya tersebut. Serta pihak-pihak lain yang telah memberikan perhatian atas permasalahan ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Ali Rahman, dan Pak Busro, serta rekan-rekan di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Muara Enim yang telah membantu mediasi masalah ini. Sehingga permasalahan ini bisa selesai dan almarhum bapak kami bisa tenang disana,”imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Drs M Ali Rahman melalui Kabid, Busro mengatakan mediasi dilakukan ini untuk mencari solusi damai kedua belah pihak, sehingga permasalahan ini tidak sampai berlarut-larut.

“Intinya kita untuk memediasi kedua belah pihak agar bisa menempuh jalur damai. Namun apabila memang tidak selesai disini, kita tidak bisa berbuat apa-apa lagi, kalau memang tidak ada kata sepakat silahkan naik ke jalur hukum lebih tinggi lagi,”jelasnya Busro saat dalam mediasi tersebut.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster