Nasionalisme, Bentengi Generasi Muda dari Kehancuran Moral

86 total views, 3 views today

TANJUNG ENIM, KS

Hari Pahlwan baru 4 hari berlalu. Tapi Lagu Gugur Bunga, kali itu tetap bersenandung di SMK Mutiara Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sabtu (14/11/2015). Guru, siswa dan para undangan yang hadir dengan hikmat, syahdu melantunkan lagu ciptaan komposer Ismail Marzuki. Lantunan lagu yang ditulis pada tahun 1945 itu, sekaligus menandai dibukanya sejumlah perlombaan di SMK Mutiara dalam rangkaian Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November.

Tampak Suasana Kegiatan Dalam Rangka Peringatan Hari Pahlawan di Halaman Sekolah SMK Mutiara di desa Tegalrejo RT.3 Tanjung Enim, Sabtu (14/11/2015) (Foto.Do.KS/Aldo)

Tampak Suasana Kegiatan Dalam Rangka Peringatan Hari Pahlawan di Halaman Sekolah SMK Mutiara di desa Tegalrejo RT.3 Tanjung Enim, Sabtu (14/11/2015) (Foto.Do.KS/Aldo)

Nilai-nilai kepahlawanan, semangat juang dan patriotisme, menjadi hal penting untuk ditanamkan pada diri generasi muda. Sebab melalui penguatan nilai-nilai kebangsaan ini, jiwa nasionalisme akan membentengi generasi muda dari kemungkinan buruk, yang belakangan sudah sangat banyak meracuni generasi bangsa ini. “Kegiatan ini sebagai upaya dalam mendorong anak-anak kami, sebagai generasi muda agar tidak terjerumus pada hal-hal negatif,” tegas H Rasman, M.mk, Kepala SMK Mutiara Tanjung Enim, di sela-sela perlombaan berlangsung.

Menurut Rasman, jiwa nasionalisme dalam diri setiap anak didik, tidak harus diartikan pada pemaknaan yang sulit. Menurutnya, yang paling sederhana mulai dari sekolah. Salah satunya anak didik dapat menaati aturan sekolah, menjaga sopan santun terhadap guru dan orang tua di rumah. “Perilaku yang demikian, merupakan hal positif yang juga menjadi bagian dari nilai-nilai nasionalisme. Sebab jiwa nasionalisme itu hanya akan muncul dari pribadi yang santun, sopan dan terdidik dari sekolah dan keluarga. Hasilnya mereka akan menjadi generasi yang mempu mempertahankan nilai-nilai kebangsaan, walau hal yang kecil di dalam rumah dan di sekolah,” tegasnya.

Dalam acara itu, Erika Trimayanti S.Pd.Fis, Pembina Organisasi Intra Sekolah (OSIS) SMK Mutiara mengharapkan agar kegiatan seperti yang dilakukan saat itu dapat menjadi wadah minat dan penyaluran bakat bagi siswa-siswi SMK Mutiara. Erika kali itu secara simbolis menandai dibukanya acara lomba  Majalah Dinding (mading), lomba pidato dan Tarik tambang antar siswa.

Sementara itu, Kabulian dan Aggit Triono, dua diantara siswa SMK Mutiara menyampaikan, kegiatan yang diadakan ini sangat memotivasi bagi seluruh siswa-siswi SMK Mutiara. Sebab dengan kegiatan ini dapat menjadi ajang proses pembelajaran bagi siswa-siswi di SMK Mutiara Tanjung Enim.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com