PT.KPP Terkesan Show Of Force, Takuti Warga Gunakan Aparat Bersenjata, Warga : Emangnya Mau Perang?

 196 total views,  3 views today

TANJUNG ENIM, KS

Balai Kantor Kecamatan Lawang Kidul, Rabu (11/11/2015) kemarin, tampak terlihat  seperti di daerah konflik atau perang.  Pasalnya pada pertemuan antara Forum Pemuda dan LSM di Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim dengan manajemen PT Kalimantan Prima Persada (KPP), tak sepeti biasa. Kali itu, ada sejumlah aparat bersenjata yang berada di lokasi. Menurut informasi hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan buruk pada pertemuan antara warga dan PT KPP, yang merupakan sub Kontraktor PT Pama Persada Nusantara Job Site Tanjung Enim.

Tampak terlihat aparat berseragam loreng dan coklat yang di lengkapi dengan senjata Laras panjang dan Pistol di Lokasi Audiensi Ormas dan PT KPP,di Balai Kecamatan Lawang Kidul!Rabu (11/11/2015).

Tampak terlihat aparat berseragam loreng dan coklat yang di lengkapi dengan senjata Laras panjang dan Pistol di Lokasi Audiensi Ormas dan PT KPP,di Balai Kecamatan Lawang Kidul!Rabu (11/11/2015).

Pertemuan yang hanya sebatas audiensi antar manajemen PT KPP dan Ormas tersebut, disuguhi pemandangan yang tak biasanya. Banyak aparat TNI dan Polisi berseragam lengkap dengan di persenjatai senapan laras panjang yang berjaga di sekitar lokasi. Kali itu PT KPP dinilai warga sedang melakukan preasure (tekanan) atau menakuti masyarakat sipil.

BACA BERITA SEBELUMNYA : GABUNGAN LSM & FORUM PEMUDA TANJUNG ENIM “NGERADAK” PT.PAMA, TERKAIT REKRUTMEN KARYAWAN KPP

Berdasarkan pantauan langsung di lapangan, situasi sekitar Kantor Kecamatan Lawang Kidul jadi mencekam. Kedatangan aparat TNI dan polisi menimbulkan rasa takut yang berlebihan. Sebab, pemandangan seperti ini, nyaris tidak pernah ada sepanjang pertemuan yang digelar di Kota Tanjung Enim, terlebih di kantor milik pemerintahan kecamatan sendiri.

“Iya nih kayak mau perang aja. Itu lihat bapak-bapak berseragam loreng dan coklat menenteng senjata laras panjang dan pistol di pinggang,” ujar beberapa ibu-ibu pegawai Kecamatan Lawang Kidul ini, Hendro Aldo Irwan, Reporter RGBA FM, sembari berlalu memasuki ruang kantor.

Hal senada dikatakan Rizal dari Forum Pasar Tanjung Enim, PT KPP ini pemain baru di Tanjung Enim. Tapi menurut Rizal, PT ini terkesan menunjukkan bahwa dibackingi aparat. Jelas tujuannya untuk menakuti masyarakat khususnya para ormas yang datang di pertemuan ini,” papar Rizal kecewa.

“Kalau sekadar bertemu dan menerima masukan dari ormas, alangkah baiknya tidak menggunakan aparat. Kalau sekadar pengamanan, ya cukuplah dari Polsek Lawang Kidul. Memangnya kita ini di daerah konflik yang berkepanjangan apa?!” ucap Rizal setengah menyoal kondisi saat itu.

Terpisah, Camat Lawang Kidul Drs Asarli Manudin,M.Si, belum dapat dikonfirmasi terkait unjuk kekuatan yang dilakukan oleh PT KPP tersebut.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN, REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster