Disdik Empat Lawang Akui Banyak Anak SD “Buta Aksara”

 277 total views,  2 views today


EMPAT LAWANG, KS
Miris betul, hasil peninjauan dinas pendidikan (Disdik) Empat Lawang, masih banyak anak didik kelas III dan IV sekolah dasar (SD) belum bisa membaca-menulis (buta aksara, red).
Demikian diungkapkan Kepala Disdik Empat Lawang, Agusni Effendi melalui Sekretaris, Roaisa Hidayah, pada pelatihan metode mengajar membaca cepat untuk guru SD se-Empat Lawang di aula Gedung Serbaguna (GSG), kemarin (10/11/2015).

“Miris memang, saat kami meninjau ke sekolah-sekolah SD, masih banyak ditemui siswa belum bisa baca tulis. Padahal mereka sudah duduk di kelas III dan IV,” kata Roaisah.

Makanya, kata Roaisah, para guru terutama guru SD harus lebih disiplin mengajar anak didiknya di sekolah. Diharapkan dengan kegiatan ini banyak ilmu yang didapat para guru SD sehingga bisa mengajar lebih baik dan anak didiknya lebih cepat membaca.

Hal yang sama juga diungkapkan, Suhaidah Kabid Dikdas sekaligus Ketua Pelaksana, dijelaskannya masih ada siswa SD bahkan yang sudah duduk di kelas enam yang belum bisa membaca. Selain itu tenaga pengajar di SD juga masih ada yang tamatan SLTP/SMP. “Hal ini harus kita rubah, diharapkan semua siswa SD sudah bisa semua membaca,” harapnya.

Secara terpisah, Plt Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah mengungkapkan, dengan adanya kegiatan pelatihan guru ini diharapkan para guru mendapatkan ilmu lebih sehingga bisa menghasilkan siswa yang berprestasi kedepannya nanti. “Untuk para guru ikuti kegiatan ini dengan baik sehingga ilmu yang didapat ini bisa diaplikasikan saat mengajar di sekolah nanti,” tukasnya.

Untuk diketahui kegiatan tersebut dihadiri sekitar 800 guru SD se-Empat Lawang, dengan menghadirkan trianer, Muhammad Toha.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster