Waspadai Kawasan Rawan Bencana Menjelang Musim Hujan

 103 total views,  6 views today

PAGARALAM, KS

Menjelang musim penghujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah,  menghimbau seluruh lapisan masyarakat agar dapat mewaspadai potensi banjir dadakan termasuk tanah longsor di sejumlah wilayah rawan bencana seusai musim kemarau yang ddiiringi sejumlah bencana kebakaran hutan.  Demikian dikemukakan Kepala BPBD setempat Herawadi S.Sos, kemarin, Senin (9/11/2015).

Dikatakannya, hampir satu pekan terakhir, intensitas curah hujan mulai menguyuri Bumi Besemah dan sekitarnya hingga membuat cuaca yang sebelumnya diselimuti kabut asap maupun berdebu sedikit mulai berkurang. “Semoga intensitas curah hujan kali ini kian tinggi.

Walau demikian, diimbau agar seluruh lapisan masyarakat, terutama berdomisi di kawasan rawan banjir dan tanah longsor agar dapat mewaspadainya,” harapnya.

Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni menambahkan, usai musim kemarau yang berkepanjangan dan memasuki musim penghujan, dimbau kepada Satker terkait dapat lebih sigap dan tanggap merespon berbagai potensi buruk yang terjadi jika ada fenomena alam mulai dari banjir ataupun bencana tanah longsor.

“Menjelang musim penghujan, SKPD terkait agar dapat selalu monitor sejumlah kawasan rawan bencana,” katanya.

Diketahui, dari pengamatan hasil rekaman alat seismograf dapat terpantau adanya angin kencang selama satu sepekan terakhir terjadi di puncak Gunung Api Dempo (GAD) dan sekitarnya.

“Saat ini aktifitas kegempaan  masih berada di level I aktif normal dan belum menunjukkan peningkatan aktifitas,” kata Mulyadi, Petugas Pos Pemantauan Gunung Api Dempo Kota Pagaralam.

TEKS : ANTONI STEFEN

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com