Tinjau Pembangunan RSUD Empat Lawang, David: Ini Gedung Megah

26 total views, 3 views today

EMPAT LAWANG, KS
Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Empat Lawang terus digenjot, hingga November 2015 proyek fisik berupa gedung utama, unit gawat darurat (UGD), laboratorium, sal dan perumahan dokter sudah mencapai sekitar 80 persen.

Rabu (4/11/2015) Ketua DPRD Empat Lawang, H David Hadrianto, wakil Ketua 1, Persi, Wakil Ketua II, Arifa’i dan segenap unsur pimpinan DPRD dan jajaran komisi, melakukan peninjauan langsung proses pembangunan RSUD Empat Lawang, di kilometer 4,5 Jalan Poros HM Noerdin Panji, Kecamatan Tebing Tinggi.

“Ini gedungnya megah, kita optimis sekali, 2017 nanti RSUD Empat Lawang mulai beroperasi maksimal. Dengan dana puluhan miliar hasilnya memuaskan, ini salah satu bukti pembangunan fisik penting di Empat Lawang,” kata Ketua DPRD Empat Lawang, H David Hadrianto disela peninjauan, kemarin.

Selama ini, kata David, dirinya hanya mendapat laporan progres pengerjaan RSUD. Awalnya ia agak pesimis dengan kondisi minimnya anggaran Empat Lawang saat ini, namun setelah melihat betul hasilnya, ia semakin optimis melihat hasil pengerjaan sudah 80 persen dan hanya menyisahkan tahap akhir penyelesaian interior.

Selain fisik, imbuhnya, diharapkan SKPD terkait segera mempersiapkan juga kelengkapan lain, terutama tenaga medis, dokter dan staf pegawai. Tak lupa juga, tenaga tekhnis, petugas keamanan dan kebersihan, dengan bangunan seluas dan besar ini tentu membutuhkan tenaga kerja cukup banyak. “Ini RSUD tipe C, syarat empat dokter spesialis sudah terpenuhi. DPRD akan tetap mengawasi pengerjaannya, agar hasil dicapai maksimal. Sebab, RSUD ini, nanti sebagai penunang pelayanan kesehatan dari kabupaten/kota tetangga seperti, Kota Pagaralam, Lubuk Linggau, Kabupaten Lahat dan Musirawas,” jelas David.

Sementara itu, wakil Ketua II DPRD Empat Lawang, Arifa’i menambahkan, selain RSUD Empat Lawang, juga dalam pengerjaan saat ini RS Pratama di Kecamatan Pendopo. Dengan demikian, ia menyakini sistem pelayanan kesehatan di Empat Lawang akan maksimal. Tidak lagi pasien harus dirujuk ke RSUD luar daerah, karena pelayanan akan lebih lengkap di Empat Lawang.

Meskipun nanti RSUD sudah mulai beroperasi, DPRD Empat Lawang, imbuh Arifa’I, meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) tetap memaksimalkan pelayanan kesehatan di Puskesmas dan poskesdes. Sebab, itu pelayanan pertama yang bisa 100 persen dimaksimalkan. “Ini bukti, secara bertahap visi misi Emass (ekonomi maju, aman sehat dan sejahtera) itu tercapai,” imbuhnya.

Secara terpisah, Direktur RSUD Empat Lawang, dr Sudeby mengakui, RSUD tipe C mulai beroperasi maksimal 2017, pada 2016 mendatang baru mulai pemindahan alat kesehatan dari RSUD sementara Tebing Tinggi. “Alkes kita sudah ada, hanya penambahan lagi beberapa item. Untuk RSUD tipe C ini, sudah 80 persen fisik, tinggal lagi penyelesaian taman dan interior. Kita maksimalkan pekerjaan agar tepat waktu,”katanya.

Sudeby menambahkan, “Peninjauan DPRD, membuka wawasan dan menyamakan persepsi dalam pembangunan RSUD Empat Lawang,” katanya berharap, DPRD bisa menerima dana yang mereka ajukan. “Semoga Dana yang kita ajukan bisa diterima oleh anggota dewan setelah mereka meninjau secara langsung Pembangunan RSUD ini. Kalau bantuan dari Provinsi Sumatera Selatan sampai sekaranag belum ada, baru diajukan,”tukasnya.

 

TEKS : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com