Kebersihan Bukan Hanya Tanggungjawab Pemeritah, Tetapi Peran Warga Juga Sangat Penting

 260 total views,  2 views today

TANJUNG ENIM, KS

Camat Lawang Kidul, Drs Asarli Manudin MSi, mengajak seluruh lapisan masyarakat diwilayahnya untuk menggalakkan kembali budaya kerja bhakti massal. Hal ini untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan bersih di wilayah Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

Melalui Kepala Desa (Kades) dan Lurah, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan forum-forum yang ada.

“Kita awali dengan ‘Program Jumat Bersih’, untuk seluruh PNS di Lingkup Kecamatan, UPTD, Tripika, Pramuka, Kades, Lurah, dan kita ajak juga forum-forum kepemudaan untuk terlibat dalam kegiatan kerja bhakti ini. Nantinya kegiatan ini dapat dilanjutkan oleh warga yang dikoordinir RT atau RW di Wilayah Kecamatan Lawang Kidul,” ungkap Asarli Manudin di sela-sela kegiatan Jumat bersih akhir pekan ini kepada Hendro Aldo Irawan Reporter RGBA FM.‎

Asarli mengatakan, kepedulian warga terhadap kebersihan lingkungan saat ini masih minim. Menurutnya, hal ini terbukti dari banyaknya sampah menumpuk di pinggir jalan, serta selokan buntu karena kurang perawatan. Kata dia, seperti yang terjadi di Kelurahan Pasar Tanjung Enim kemarin. Untuk mengatasi saluran air selokan yang buntu di Jalan Motik itu, pihaknya harus melibatkan Unsur Tripika.

“Padahal selokan itu ada di depan rumah warga, tetapi sepertinya warga tidak peduli, bahkan malah membuang limbahnya ke selokan. Kalau tidak diatasi, nanti saat musim hujan bisa menyebabkan banjir, karena saluran buntu. Kita sudah meminta bantuan Mobil Damkar PTBA untuk menyemprot lubang yang buntu akibat tersumbat lumpur dan sampah itu,” imbuhnya.

Lanjutnya, menjaga kebersihan bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemkab Muara Enim untuk menciptakan budaya bersih, tertib, dan indah. Tetapi peran warga juga sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Ia mengharapkan, dengan membudayakan kegiatan kerja bhakti massal ini rasa kepedulian akan lingkungan yang bersih, dan sehat dapat tertanam dalam diri masing-masing warganya.

“Saya mengajak semua lapisan masyarakat untuk wajib menjaga kebersihan. Minimal di lingkungan sekitar tempat tinggalnya, dengan membuat penampungan sampah sendiri, atau dengan cara mendaur ulang sebagai upaya penanggulangan masalah sampah,”imbuhnya.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster