Pemuda di Muara Enim Harus Cerdas, Inspiratif dan Inovatif

 158 total views,  9 views today

MUARA ENIM, KS

Bupati Muara Enim Ir  H. Muzakir Sai Sohar mengatakan dengan tema Hari Sumpah Pemuda tahun ini, kita harus mampu mewujudkan pemuda yang santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi.  Tema ini mengandung makna, pemuda Indonesia di Kabupaten Muara Enim harus dapat meyakinkan dunia, bahwa kita adalah generasi yang tetap memelihara kesantunan di tengah pergeseran nilai moral dan sosial yang melanda dunia.

Hal itu dikatakan Bupati dalam sambutannya pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87 di Bumi Serasan Sekundang, Kabupaten Muara Enim, di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Rabu (28/10/2015).

Suasana Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Pemkab Muaraenim, 2015 (Foto.Dok.KS/Aldo)

Suasana Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Pemkab Muaraenim, 2015 (Foto.Dok.KS/Aldo)

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, peringatan sumpah pemuda sebagai gerakan moral, sosial politik dan budaya agar pemuda memiliki kemampuan dan kinerja yang andal dalam bekerja sama dengan pemuda se-ASEAN serta membawa nama baik Indonesia di mata masyarakat dunia. “Untuk setiap kaum muda dalam mewujdukan itu, harus didukung dengan ilmu pengetahuan dan disiplin yang tinggi, kerja keras dan tak mengenal lelah,” tegasnya.

Bupati menegaskan, eksistensi pemuda dalam percaturan globalisasi zaman, pemuda dalam kehidupan global akan tetap eksis apabila menunjukan sebuah kapasitas kecerdasan yang inspiratif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya,  serta kreatif dalam berbagai kegiatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Muara Enim, Febriansyah, ST melalui Sekretarisnya Handono, S.Pd, M.Si mengatakan,  pada peringatan sumpah pemuda tahun ini salah satu pemuda Kabupaten Muara Enim menorehkan prestasi yang kreatif dan inovatif yang juga membanggakan, hal itu terwujud dalam dunia pendidikan.

Epriansyah berasal dari desa Air Talang Guci, Kecamatan Rambang, Kabupaten Muara Enim, yang mendirikan usaha rumah baca.

Di tingkat provinsi, Epriansyah berhasil keluar sebagai juara pertama. Sedangkan di tingkat nasional berhasil masuk dalam 10 besar.  Pada tingkat kabupaten Epriansyah berhasil mengalahkan 6 kandidat pemuda lainnya.

Usai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, juga diberikan piala penghargaan kepada para anggota  Paskibraka Provinsi Sumsel asal Kabupaten Muara Enim yakni Nurul Qomariah dan Shindy Lianti, dan pemenang lomba, yaitu, lomba lintas alam putra putri, lomba tradisional dan terompah.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster