Lagi, Kebakaran Hutan Bukit Menara Telkom Semakin Meluas, Mobil Damkar Tak Bisa Menjangkau Lokasi

 362 total views,  3 views today

TANJUNG ENIM, KS

Pelan tapi pasti. Mungkin itulah kondisi yang terjadi saat ini. Kebakaran hutan di kawasan Bukit Menara Telkom, Kelurahan Pasar Tanjung Enim, masih terjadi. Bahkan bertambah meluas hingga mendekati pemukiman warga Bedeng Kresek RT.04 Tanjung Enim.

FT berita 2 kebakaran hutan Telkom meluas

Tampak api yang tengah membakar hutan di kawasan menara Telkom, Bukit Munggu. (Foto.Dok.KS/Aldo)

Seperti yang terjadi sejak Senin malam, (26/10/2015) hingga Selasa hari ini (27/10/2015), api terus membakar hutan tersebut dan Upaya pemadaman sudah dilakukan oleh warga sekitar dan tim Damkar PT.Bukit Asam dengan menurunkan seluruh armada untuk memadamkan api. Hal ini dilakukan supaya apti tidak semakin meluas mendekati permukiman warga sekitar. Kejadian ini telah diketahui pihak-pihak terkait dan Tripika Kecamatan Lawang Kidul,Kabupaten Muara Enim.‎

Dari pantauan langsung Reporter RGBA FM, sejak Minggu (25/10/2015) malam, api muncul pertama kali siang harinya mulai dari atas bukit yang berdekatan dengan menara Tower Telkom.

Awalnya pemadaman dilakukan dengan alat seadanya oleh warga dan petugas dari PTBA, dan pihak-pihak terkait. Namun api dapat padam hingga Senin sore kemarin (26/10/2015). Api kemudian kembali membesar dan meluas mendekati jalan warga dan pemukiman di RT.04 Bedeng Krese hingga malam harinya. Pada Selasa pagi (27/10/2015) apti tidak begitu tampak. Namun berbagai upaya pemadaman terus dilakukan hingga api benar-benar padam.

“Hampir setiap hari hutan di kawasan menara Telkom ini terbakar, malam Minggu, Minggu malam, hingga Senin dan Selasa tidak terlalu tampak dari atas dekat tower itu, tetapi mobil petugas pemadaman tidak bisa menjangkau,” ungkap Candra, warga sekitar kepada Henro Aldo Irawan, Reporter RGBA FM.

Ia mengungkapkan, kebakaran hutan di Bukit Telkom ini sebenarnya jarang terjadi. Baru pada tahun ini sering terjadi. Bahkan tahun lebih parah dari sebelumnya. Menurutnya, warga tidak mengetahui pasti penyebab terjadinya kebakaran itu. Kata dia, dugaannya di sengaja atau karena musim kemarau panjang.

“Dulu terjadi tetapi tidak separah pada tahun ini. Api hanya sampai atas bukit lalu mati. Tapi sekarang kebakaran hutan bertambah parah. Yang kami takutkan kalau api mendekati rumah-rumah warga. Sehingga kami meminta petugas Damkar untuk cepat menanggulangi,” jelasnya.

Sementara itu, Manager Humas PT Bukit Asam, Nan Budiman, didampingi petugas K3 Iin Sopian menjelaskan, pihak perusahaan telah melakukan upaya pemadaman api di hutan kawasan menara Telkom, Bukit Munggu ini. Namun karena medan dan jalan yang tidak bisa dilalui mobil pemadaman proses mematikan api di atas bukit tidak bisa dilakukan. Terpaksa  pemadaman api yang ada diatas bukit dilakukan oleh warga dan petugas dengan cara manual.

“Sudah kami paksakan mobil menjangkau sampai atas tetapi masih tidak bisa juga. Akhirnya kami padamkan api yang ada diatas secara manual oleh petugas dan warga,”kata Nan Budiman.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster