TP PKK Muara Enim, Sharring ke Surabaya : Langkah Inovatif harus Didukung semua Pihak

 302 total views,  2 views today

MUARAENIM, KS

Satu pekan sudah berlalu, tapi kesannya hingga kini belum juga hilang. Bahkan akan membekas pada realisasi program di masa mendatang di Kabupaten Muaraenim. Itulah yang dirasakan oleh Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Muaraenim, Sumatera selatan setelah sebelumnya melakukan Sharring Knowlagde di Tristar Culiner Intitute Collaboration with European University IEU di Surabaya sejak 12-14 Oktober 2015.

Banyak hal yang kemudian menjadi catatan penting dari Surabaya. Adalah Nesti Senen, S.IP, Ketua TP PKK Kelurahan Pasar Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muaraenim, sangat antusias menceritakan perolehan ilmu dari Kota Buaya itu.

Kepada Hendro Aldo Irawan, Reporter RGBa FM, melihat sejumlah perkembangan di Surabaya, paling tidak telah membuka wawasan bagi TP PKK di Muaraenim. Sebab menurut Nesti, sharring ini sebagai upaya pengembangan berbagai ilmu yang bersumber di Surabaya. Bagi Nesti ini merupakan langkah positif bagi kemajuan PKK yang ada di Kabupaten Muaraenim. Tinggal lagi, bagaimana mempraktikkan ilmu yang didapat dalam tindakan nyata, meskipun tidak harus persis seperti di Pulau Jawa.

“Kita sudah berprestasi, tinggal lagi bagaimana pengembangan prestasi ini sendiri. Kalaupun tidak sama dengan pesatnya TP PKK di Pulau Jawa, namun setidaknya kita punya langkah inovatif yang dapat kita perbuat dan tentu harus didukung oleh semua fihak,” ungkapnya.

Apalagi, menurut Nesti, di Kecamatan Lawang Kidul ada produk makan ringan seperti keripik pangsit yang sudah dikenal di kabupaten. “Tinggal bagaimana keterlibatan dari Disperindag kabupaten dapat bersinergis dengan Disperindag Provinsi dalam upaya mengembangkan produk daerah, sehingga dapat menjadi bagian andalan menu produk PPK Provinsi Sumsel di tingkatan yang lebih tinggi,” ujar Nesti.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Hj Shinta Muzakir,SH.M.Hum didampingi Sekretaris I Dra. Hj Herlina mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) diantara Tim Penggerak (TP) PKK di 20 kecamatan yang berprestasi di berbagai lomba di tingkat kabupaten dan Provinsi Sumsel. Selain itu, sharing TP PKK se-Kabupaten ke Surabaya dalam rangka penguatan Program Kerja TP PKK tahun 2015.

“Ya berbagai hasil perlombaan program Kerja TP PKK se-Kabupaten Muara Enim meliputi Lomba Lansia, masakan Menu Serba Ikan, olahan bahan mentah menjadi bahan jadi serta lomba lainnya, sebagai upaya pengembangan  SDM maka,” jelasnya, Minggu (17/10/2015).

Dikatakan Herlina, selain kunjungan ke Tristar Culiner Institute, tim-nya juga melakukan kunjungan ke International Business School (IBS) Surabaya. Bahkan tim juga melihat dari dekat Masjid Muhammad Cheng Hoo. Diharapkan, dari sharring ini dapat menjadi tolok ukur pengembangan dan dapat diimplentasikan di kecamatan desa/kelurahan masing masing.

“Tristar Culiner Institute merupakan sarana pendidikan jurusan tata boga dan patiseri yang terletak di jalan Raya Jemursari Surabaya. Saat itu TP PKK di bekali berbagai informasi hasil kerja dan berbagai produk tata boga sekaligus berbagai seni kuliner,” ungkap Herlina.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster