Lima Ribu Peserta Ramaikan Pawai Ta’aruf di Kecamatan Lawang Kidul

 303 total views,  2 views today

TANJUNG ENIM, KS

Sebanyak 5 ribu peserta karnaval atau Pawai Ta’aruf memadati jalur protokol Kota Tanjung Enim, Kamis (15/10/2015) siang sekitar pukul 13.00 WIB. Pawai dengan mengangkat tema
“Melalui Kegiatan Peringatan 1 Muharam, Kita Tumbuhkan Ukhuwah Islamiyah Untuk Membentuk Muslim Berbudi Luhur dan Berjiwa Sosial Sesuai Dengan Kaidah-Kaidah Islam” itu di gelar dalam rangka menyemarakkan tahun baru Islam 1 Muharram 1437 H
(Wisdom Islamic New Year 1437 H).

Peserta pawai Ta’ruf diikuti 56 regu dari perwakilan lembaga pendidikan. mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTS dan tingkat SMA/SMK serta peserta Umum Se-Kecamatan Lawang Kidul. Pawai bertolak dari Lapangan Eks Sentral Lama PTBA kemudian melintasi Jalan Pasar Bawah, Bedeng Kaca, dan Finis di Pasar Baru Bantingan Tanjung Enim.

IMG_20151015_155153Mereka tampak antusias menyisir sudut-sudut kota sambil membawa ragam miniatur bernuansa Islami berbahan dasar bambu dan kertas. Seperti miniatur ka’bah, masjid, uruf hija’yah dan lain sebagainya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Heri Candra, S.Pd mengatakan, kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) ini sudah rutin dilaksanakan di wilayah Kecamatan Lawang Kidul, dengan menggandeng Kelompok Kerja Guru (KKG) Agama. Pemkab Muara Enim sendiri lanjut Heri, melalui Disdikbud sangat mendukung adanya kegiatan tersebut.

“Ya sebelumnya kita sudah diundang rapat dengan pengurus KKG Agama untuk membahas acara hari besar Islam ini. Yang jelas kita sangat mendukung kegiatan ini,” kata Heri.IMG_20151015_155224

Lebih rinci kata Heri, peserta pawai Ta’aruf ini terdiri dari 33 regu tingkat SD,7 regu tingkat SMP sederajat,dan 5 regu tingkat SMA/SMK, serta  11 regu dari peserta umum, diantaranya Majlis Ta’lim dan Pondok Pesantren se-Kecamatan Lawang Kidul, dengan total 56 regu.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan & Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Muara Enim, Drs.H.Zainal Abidin M.Si menyatakan, Pagelaran pawai Ta’aruf itu untuk melatih sensitivitas siswa terhadap sejarah-sejarah Islam. “Untuk mengenang hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah dalam melakukan syiar ajaran agama Islam,” ungkapnya.

Jaiz (36) seorang warga yang menonton kegiatan pawai tersebut mengaku sangat senang karena Pawai Ta’aruf yang di gelar sejak 2 tahun terakhir ini merupakan kegiatan positif bagi siswa dan anak-anak. “Ini saya juga ajak anak-anak. Mereka selalu bertanya setiap melihat bentuk-bentuk miniatur itu,” tutur Jaiz yang membawa dua putra putrinya.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster