Ada Kebakaran, Segera Laporkan ke Posko Kecamatan Lawang Kidul, Asarli : Jangan Buka Lahan dengan Membakar

6 total views, 3 views today

TANJUNG ENIM, KS

Wilayah Kecamatan Lawang Kidul dan Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim sejauh ini sudah membuka Posko bersama penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan. Kepada masyarakat di kedua wilayah tersebut, diminta untuk melaporkan jika terjadi kebakaran lahan maupun hutan. Selama musim kemarau ini, di wilayah Kecamatan Lawang Kidul dan Tanjung Agung telah terjadi kebakaran lahan di beberapa tempat.

“Kita minta jika terjadi kebakaran lahan segera laporkan ke Posko di Kecamatan, atau ke RT, Lurah dan Desa, supaya bisa segera di tangani,” ungkap Camat Lawang Kidul, Drs Asarli Manudin M.Si kepada Hendro Aldo Irawan, Reporter RGBA FM, Jumat (9/10/2015).‎

Camat Lawang Kidul, Drs Asarli Manudin M.Si

Camat Lawang Kidul, Drs Asarli Manudin M.Si

Sebelumnya, beberapa kali kebakaran lahan warga ataupun lahan kosong terjadi di Kecamatan Lawang Kidul. Diantaranya, kebakaran hutan di kawasan Bukit Munggu, Kebakaran hutan di Kawasan Bukit Kendi, di Desa Tegal Rejo RT 14, di Desa Keban Agung samping SMAN 1 Lawang Kidul, di lokasi eks tambang rakyat di Desa Darmo, di Bukit Telkom Bukit Munggu. Kemudian, kejadian tersebut telah ditangaini oleh pihak-pihak terkait, termasuk warga, Damkar PTBA, dan PTBA, Damkar Pemkab Muara Enim, serta Tripika setempat.

Lebih lanjut kata Asarli, pihaknya melarang warga di wilayahnya untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan sehingga memicu percikan api yang dapat membakar lahan. Asarli juga melarang membuka ladang dengan cara membakar lahan. Hal itu, kata dia akan memicu terjadinya kebakaran lahan dan kabut asap yang dapat mengganggu kesehatan.

“Kita himbau terus itu kepada masyarakat melalui lurah dan kepala desa. Karena puntung rokok yang dibuang warga bisa memicu api dan membakar lahan. Satu lagi, warga dilarang membuka ladang dengan cara dibakar,” tegasnya.

Sementara itu, di Kecamatan Tanjung Agung masalah kebakaran lahan ini mendapat perhatian penuh oleh Tripika setempat. Selain mendirikan posko, Pimpinan Tripika setempat juga terjun langsung apabila terjadi kebakaran lahan di wilayahnya.

“Sementara ini kita tidak bisa kemana-mana, karena harus siaga untuk menangani jika terjadi kebakaran. Dari Polsek dan Koramil juga aktif terjun ke lapangan jika terjadi kebakaran untuk memadamkan api,” kata Drs Rahmat Noviar M.Si kepada hendro Aldo Irawan, Reporter RGBA FM belum lama ini.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com