Kesadaran Buat IMB di Empat Lawang Minim, Semester Kedua Hanya Empat Dikeluarkan

 320 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS
Kesadaran masyarakat dan pelaku usaha untuk membuat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) masih minim. Ini diketahui dari laporan pihak Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Empat Lawang.

Dijelaskan Kepala KPPT Empat Lawang, M Mursadi, pada semester dua tahun ini saja, pihak KPPT Empat Lawang hanya memproses empat izin saja. Padahal jika dilihat dari kasat mata, perkembangan bangunan dan usaha di Kabupaten Empat Lawang cukup pesat.  “Tentu saja ini menjadi bahan evaluasi pihak KPPT Kabupaten Empat Lawang,” ujarnya kemarin.

Setelah pihaknya evaluasi, ternyata ada tiga kendala yang membuat pelaku usaha enggan membuat izin. Pertama banyaknya letak bangunan yang melanggar badan jalan, menurut aturan 20 meter tapi pihaknya ambil kebijakan 15 meter saja dari as jalan.

Kedua, sering terjadi prosedur ganda. Warga yang sudah membuat izin di desa atau kelurahan atau kecamatan tapi masih melakukan proses yang sama di KPPT. “Warga beranggapan kalau sudah izin di sana tidak perlu lagi izin di KPPT. Sebab biaya survei dikenakan pemohon,” jelasnya.

Terakhir yang ketiga yakni restribusi dan pajak galian C, ini memberatkan bagi pemohon yang dianggap terlalu tinggi. “Pembiayan survey dilakukan pemohon. Tapi untuk retribusi dan pajak galian C ini masih akan kami diskusikan lagi dengan pihak terkait lainnya,”tukasnya.

 

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster