Festival Beranyut : Pengumpul Sampah Terbanyak Jadi Pemenang

27 total views, 3 views today

LUBUKLINGGAU, KS

Dalam rangka memperingati hari jadi Kota Lubuklinggau ke-14 tahun 2015 Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Lubuklinggau akan menggelar Festival Beranyut di aliran sungai Kelingi sepanjang 6 Kilo Meter. Menariknya dalam perlombaan ini pemenang bukan dinilai kecepatan mencapai ke garis finish melainkan pengumpul sampah terbanyak akan menjadi pemenang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Lubuklinggau, M Hidayat melalui Kepala Seksi Olahraga Rekreasi Dispora Lubuklinggau, Hendri Almawijaya kepada Kabar Sumatera menuturkan festival beranyut dengan memungut sampah tersebut agar masyarakat sadar kebersihan lingkungan karena sungai kelingi merupakan sumber air bersih PDAM dan sumber kehidupan masyarakat banyak termasuk Kabupaten Musi Rawas.

“Yang menang itu peserta yang paling banyak mengumpulkan sampah, ini agar masyarakat bisa menjaga kebersihan sungai,”ujar Hendri.

Ditanya mengenai, keamanan peserta lomba, ia mengatakan pihaknya akan segera menginventarisir titik rawan seperti di Kelurahan  Batu Urip , Taba Koji dan Taba Jemekeh. Selain itu, akan menempatkan pihak kepolisian disepanjang aliran sungai dan bantuan tim Tagana dibeberapa titik rawan.

“Dalam waktu dekat kita akan mengundang , Dinas Sosial Polres Lubuklinggau dan Dinas Kesehatan untuk persiapan dan antisipasi kerawanan dan keamanan peserta lomba beranyut,” kata Hendri.

Sebagai informasi, peserta Festival Beranyut 2015 akan dilaksanakan 24 Oktober 2015 dengan titik start di aliran sungai RM Pagi Sore dan finish 1 kilo meter sebelum bendungan Watervang.

TEKS : SRI PRADES

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com