Diduga Akibat Api Puntung Rokok, Kebun Kopi Terbakar

 235 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS

Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di wilayah Kabupaten Empat Lawang. Kebakaran yang terjadi pada Rabu (7/10/2015) sekitar pukul14.00 WIB di simpang Desa Tanah Tinggi, Kecamatan Talang Padang itu menyebabkan kebun kopi milik warga banyak yang terbakar.

Informasi dihimpun kabar sumatera menyebutkan, lokasi lahan yang terbakar pinggir Jalan Lintas Tebing Tinggi – Pendopo. Hingga pukul 16.00 WIB api masih menyala dan merambat ke kebun kopi milik warga lainnya. Aparat kepolisian dari Polsek Talang Padang bersama warga masih berusaha memadamkan api.

Mereka memadamkan api dengan alat seadanya. Namun pihak Polsek Talang Padang sudah menghubungi pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang untuk menerjunkan mobil pemadam kebakaran.

Selain dekat dengan perkebunan warga, lokasi kebakaran tersebut juga dekat dengan kantor Camat Talang Padang. Oleh sebab itu warga sekitar berjibaku memadamkan api sehingga tidak menyebar luas. “Tidak tahu penyebabnya apa, tiba-tiba api sudah besar membakar kebun warga. Kalau disengaja tidak mungkin, kemungkinan ada orang yang sembarangan buang puntung rokok,” ungkap Iskandar, warga Talang Padang.

Sementara itu, Kapolsek Talang Padang, Iptu Hariyanto yang terjun ke lokasi kebakaran mengatakan, api baru diketahui sekitar satu jam. Setelah mengetahui adanya kebakaran itu, ia menghubungi anggotanya untuk datang ke lokasi membantu memadamkan api.

“Tadi usai mengikuti operasi sadar lintang saya lewat dan melihat ada kebakaran. Anggota langsung saya hubungi untuk ba memadamkan api, setelah itu baru menghubungi pihak BPBD,” ujanya.

Penyebab kebakaran itu, kata Kapolsek, belum diketahui. Tapi diperkirakan bukan disengaja dibakar oleh oknum. “Bukan disengaja, diduga karena puntung rokok dari pengendara,” pungkas Hariyanto seraya mengimbau warga untuk tidak sembarangan membuang puntung rokok.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster