Asuransi Kematian di Empat Lawang Rp 10 Juta

 309 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS – Asuransi kematian bagi masyarakat Empat Lawang meningkat drastis, dari sebelumnya hanya Rp 1,2 juta, kini meningkat menjadi Rp 10 juta. Ini menyusul, berakhirnya kontrak antara Pemkab Empat Lawang dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dengan pihak ketiga.

Karena itu, terhitung sejak mulai bulan Agustus hingga adanya kontrak baru nantinya akta kematian masyarakat juga dihabiskan.

Kadisdukcapil Empat Lawang, Edison Jaya mengatakan, kontrak asuransi kematian sebesar Rp 1,2 juta perorang terhitung akhir Juli berakhir. Karena itu, mulai Agustus ini tidak ada klaim asuransi kematian dan baru bisa dilaksanakan setelah adanya kontrak baru. “Sekarang ini belum bisa klaim asuransi, karena kontraknya sudah habis,”ungkapnya.

Dia menambahkan, kedepannya akan ada lagi kontrak namun sudah lain perusahaan atau pihak ketiganya. Sejauh ini sudah ditenderkan dan sedang dalam proses administrasi. Untuk jumlah dana yang diterima juga mengalami peningkatan yang luar biasa, yang mana sebelumnya Rp 1,2 juta meningkat menjadi Rp 10 juta perorangnya.

“Sekarang masih proses administrasinya, mudah-mudahan beberapa bulan kedepan sudah mulai berjalan. Asuransi diperuntukan bagi masyarakat tidak mampu ini juga meningkat menjadi Rp 10 juta,” terangnya.

Hanya saja, lanjutnya, untuk kontrak ini ada batasan umur yang mana klaim asuransi bagi mereka yang meninggal di usia 17-60 tahun. Sementara untuk pengambilannya tidak begitu dipersulit, yakni menunjukan KTP, KK serta keterangan kematian dari pihak terkait, seperti kades atau lainnya.

“Jika meninggalnya di bawah usia 17 tahun atau lebih dari usia 60 tahun tidak dapat asuransinya. Ya, mereka klaim juga seperti biasa, karena kita juga memiliki data kependudukannya, artinya tidak bisa bila tidak tercatat, misalnya bukan penduduk Empat Lawang atau hal lainnya,” tukasnya. 

Teks: Saukani

Editor: Imron Supriyadi

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster