PNS Harus Terdata Secara Elektronik

 184 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS – Sesuai dengan surat edaran dari pemerintah pusat, bahwasannya untuk pegawai negeri sipil (PNS) harus terdata secara elektronik. Maka dari itu, Pemkab Empat Lawang akan mendata seluruh PNS di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati melalui masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Empat Lawang, Hamdan menerangkan, sesuai edaran dari pemerintah pusat terutama dalam peraturan Kepala BKN Nomor 19 tahun 2015 tentang pendaftaran ulang pegawai negeri sipil (PU-PNS) secara elektronik.

Maka setiap daerah provinsi, kabupaten/kota se Indonesia tak terkecuali juga kabupaten Empat Lawang, akan menjalani program tersebut dimulai awal September hingga November mendatang. Tujuannya tidak lain, agar semua pihak baik perorangan maupun secara kelembagaan bisa mengakses data kepegawaian di setiap daerah.

“PU PNS secara elektronik ini sangat penting dilakukan, agar setiap pihak manapun mulai dari Kemendagri, Kemenkeu, Kemenpan bisa mengakses data kepegawaian ke seluruh daerah. Tinggal meng klik nomor NIP, nama daerah, kabupaten/kota, dan akhirnya muncul kepegawaiannya,”kata Hamdan.

Dijelaskannya, teknis pengerjaan PU PNS secara elektronik ini akan menggunakan aplikasi komputer. Yang nantinya akan dikenalkan ke setiap pegawai di Empat Lawang dengan cara bertahap.

“Untuk yang pertama, nanti setiap SKPD baik dinas, badan, kantor maupun setiap kecamatan, akan diminta utusan pegawai yang mahir komputer. Nah mereka nanti diberikan penjelasan tentang penggunaan aplikasi PU PNS secara elektronik. Selanjutnya mereka diharapkan bisa memberikan pemahaman lebih lanjut kepada pegawai-pegawai yang ada di setiap SKPD masing-masing,”jelasnya.

Bagaimana dengan PNS yang tidak terdata secara elektronik ? Nah kondisi ini, terang Hamdan, akan berakibat fatal bagi PNS itu sendiri. Karena nanti berkenaan dengan hak baik itu mengenai gaji, kemudian pengusulan kenaikan pangkat dan sebagainya, serta dengan kewajiban bagi PNS itu sendiri dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.

“Yang pastinya jangan sampai tidak terdata pada database PNS elektronik, bisa hilang statusnya sebagai pegawai. Jadi setiap PNS harus paham aplikasi komputer,” tukasnya.

Teks: Saukani

Editor: Imron Supriyadi

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster