Indomaret Tak Pernah Bayar Pajak Parkir

 1,289 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS – Selama ini, usaha modern Indomaret tidak pernah membayar pajak parkir kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Hal itu disesalkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang.

“Setiap usaha yang menyediakan lahan parkir dan bukan merupakan badan jalan, wajib dikenakan pajak parkir. Tidak ada alasan untuk tidak membayar, meskipun mereka, pihak Indomaret tidak kenakan tarif parkir kepada konsumen,”ungkap, Wakil Ketua DPRD Palembang, M Adiansyah, Selasa (25/8).

Adiansyah mengatakan, sesuai dalam Peraturan Daerah (Perda), pajak parkir yang dikenakan bagi pemilik usaha adalah sebesar 30 persen dari total pendapatan mereka. Kalau mereka (Indomaret) belum bayar pajak, tentu sudah melanggar aturan dan harus diberikan sangsi yang tegas.

“Ini aneh, Indomaret yang berdiri di Palembang ini ratusan. Tapi, tidak ada kontribusi sama sekali untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD), ada apa ?,”katanya.

Politisi senior Partai Beringin ini berharap, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Palembang selaku dinas yang menangani soal pajak, harus mengecek dan meninjau kembali hal tersebut.

“Kami minta Dispenda bisa turun kelapangan, itu potensi pajak daerah yang tidak bisa dimanfaatkan,”ulasnya.

Terpisah, Kabid Pendataan dan Penetapan Dispenda Palembang Sodikin membenarkan, jika Indomaret belum dikenakan pajak parkir.

“Ya, Selama ini, Indomaret belum dikenakan pajak parkir. Kalau Alfamart sudah ada pajak parkirnya,”katanya.

Sementara itu, saat ingin mengkonfirmasi hal tersebut kepada pihak Indomaret. Pihak Indomaret terkesan tertutup.

“Maaf, BM sedang rapat. Dan tidak bisa diganggu,”ungkap salah seorang karyawannya, saat di hubungi melalui telepon selular.

Teks: Trie Saputra

Editor: Imron Supriyadi

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster