Warga Tuding PT SPA Ingkar Janji

 268 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS – Sejumlah warga Kelurahan Tanjung Makmur kecewa. Pasalnya, janji disampaikan PT Surya Pratama Abadi (SPA) untuk sistem buka tutup bendungan sungai musi, selama pembangunan jembatan Pulo Emass tidak dipenuhi.

Akibatnya, sepekan terakhir warga harus membeli air bersih PDAM dengan harga mencapai ratusan ribu rupiah. Karena, aliran sungai tidak mengalir, sumur warga di sekitaran bantaran sungai pun mengering.

“Hampir seminggu Sungai Musi tidak mengalir, itu karena ada bendungan Jembatan Pulo Emas,”ungkap Ridwan, warga Tanjung Makmur, Senin (24/8)

Adanya pembendungan memutus arus air sungai musi, jelasnya, membuat warga berada di hilir sungai tidak bisa menikmati air sungai musi untuk kebutuhan mandi, mencuci, kakus (MCK) dan lainnya. “Mana janji PT SPA, katanya mau sistem buka tutup aliran sungai musi,” kata Ridwan menambahkan, warga menuntut tanggungjawab pemerintah dan perusahaan. “Nah coba, mau bagaimana lagi kami, apa setiap hari kami harus beli Air PDAM?,” cetusnya.

Para warga, kata Ridwan, berharap agar pelaksana proyek Jembatan Pulo Emass juga memikirkan nasib orang banyak. “Kiranya ada pengertian dari orang sana, baik dari pelaksana proyeki maupun pihak terkait, karena air sangat dibutuhkan,”imbuhnya.

Sebelumnya, pengawas kepala (PK) proyek Jembatan Pulo Emass, PT Surya Pratama Abadi (PT SPA), Hairul, menuturkan, bendungan sementara di hulu Pulo Emass dilakukan sistem buka tutup. “Mulai pukul 10.00 WIB, ditutup dan sekitar pukul17.00 WIB sebagian bendungan dibuka kembali,”jelasnya.

Setelah pengecoran tiang ketiga, kata Hairul, sebagian bendungan akan dibuka kembali. Bahkan alirannya akan dibuatkan sehingga tak mengganggu pembangunan tiang keempat. Hal ini dilakukannya karena pihaknya mengerti akan kebutuhan warga pada aliran sungai musi.

TEKS: SAUKANI

EDITOR: IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster