Hiburan Rakyat, Gelar Kesenian Kuda Lumping

 490 total views,  2 views today

PAGARALAM, KS–Perayaan HUT RI Ke-70 terus berlangsung dalam memeriahkan hari kemerdekaan Bumi Pertiwi ini, dengan menggelar sejumlah pesta rakyat. Seperti pelaksaan pagelaran Kesenian Kuda Lumping di Kelurahan Tebat Giri Indah dan Kelurahan Sidorejo ramai pengunjung dalam memeriahkan perayaan kemerdekaan RI.

   Rian (23), salah seorang panitia pelaksana kegiatan mengatakan, dalam memeriahkan HUT RI Ke-70, sejumlah warga Nusa Indah Kelurahan Tebat Giri Indah dan Talang Jelatang Kelurahan Sidorejo  Kecamatan Pagaralam Selatan menggelar kesenian kuda lumping.

   “Alhamdulillah kegiatan berlangsung atas partisipasi masyarakat sekitar dapat  berjalan dengan baik dan lancar tanpa mengalami kendala yang begitu berarti,” ujarnya, kemarin.

   Ditambahkan Anggun (52) salah seorang penonton menuturkan, kesenian kuda lumping begitu menghibur masyarakat Pagaralam. Bahkan pementasannya yang dimulai sejak pukul 13.00 WIB dapat berjalan dengan lancar hingga pukul 19.00 WIB.

   “Ya, dalam memeriahkan HUT RI Ke-70, kegiatan berlangsung di tiga lokasi yang berdekatan, yakni di Dusun Nusa Indah 1 dan 2 Kelurahan Tebat Giri Indah dan Talang Jelatang Kelurahan Sidorejo Kecamatan Pagaralam Selatan. Warga di sini begitu antusias menyaksikan pageleran kesenian dari tanah Jawa tersebut,” paparnya.

   Sementara itu Yanto, personil Kesenian Kuda Lumping Kota Pagaralam begitu bersyukur bila animo masyarakat Bumi Besemah cukup tinggi terhadap warisan kesenian leluhur ini. “Kita sangat puas mentas disini, apalagi hampir  mencapai sekitar 1000 penonton merasa terhibur dalam menyaksikan kesenian Kuda Lumping ini,” ujarnya disela-sela kegiatan berlangusung.

   Pantauan di lapangan, kegiatan berlangsung sejak Pukul 13.00 WIB mulai dipadati pengunjung dan tergolong dapat menghibur para penonton hingga acara berakhir Pukul 19.00 WIB.

Teks: Antoni Stefen

Editor: Imron Supriyadi

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster