Ada Mutasi, Pejabat Empat Lawang “Kasak-Kusuk”

 320 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS – Beberapa hari terakhir, isu mutasi jabatan di lingkungan Pemkab Empat Lawang kian berkembang. Sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) memiliki jabatan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), mulai sibuk mencari informasi “kasak-kusuk”, apakah masih dipertahankan di posisi saat ini,  mutasikan ke posisi lain atau bahkan di non job kan.

Informasi dihimpun Kabar Sumatera menyebutkan, mutasi jabatan dilingkungan Pemkab Empat Lawang memang kerap terjadi, bahkan dalam satu tahun bisa terjadi dua sampai tiga kali pelantikan. PNS yang akan di mutasi mulai dari Eselon II, III dan IV. Mutasi biasanya dilakukan sebagai sarana penyegaran sehingga para pejabat struktural tidak merasa jenuh.

“Memang ada kabar akan mutasi, tapi saya tidak tahu kapan mutasi itu dilakukan. Siap tidak siap, harus siap dimutasi di mana saja, karena ini mencerminkan abdi negara yang baik,” ujar salah satu PNS di lingkungan Pemkab Empat Lawang yang namanya tidak mau ditulis, kemarin.

Ia mengaku, tidak sedikit juga beberapa oknum PNS sudah memprediksi posisi jabatan yang akan terjadi pasca mutasi. “Bisa jadi si A pindah ke SKPD ini, si B nanti ngisi jabatan lainnya. Namanya penyegaran, ada juga pengisian jabatan kosong,” ungkap sumber tadi.

Sekertaris Daerah (Sekda) Empat Lawang, H Burhansyah ketika dikonfirmasi, mengaku hingga saat ini belum mengetahui akan adanya mutasi. Dia juga belum mendapat laporan dari tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) mengenai adanya mutasi tersebut.

“Memang setiap tiga bulan dan enam bulan sekali ada evaluasi mengenai kinerja pegawai. Tapi kalau untuk mutasi, kapan dilaksanakan dan siapa saja belum tahu,” kata Burhansyah.
.
Dirinya saat ini juga masih menunggu konfirmasi dari Wakil Bupati (Wabup), H Syahril Hanafiah. Sebab mutasi ini harus direncanakan dengan sebaik mungkin. Agar posisi jabatan diamanahkan sesuai kemampuan dan disiplin ilmu PNS dimaksud. “Nanti saya koordinasi ke wabup, tentunya kalau ada mutasi masih sifatnya rahasia,” katanya.

Secara terpisah, wakil Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah sebelumnya mengatakan, tak memungkiri jika nantinya akan ada perombakan ataupun mutasi. Namun dia belum bisa memastikan. “Mengenai itu (mutasi,red) nantilah. Bisa jadi iya, bisaj juga tidak, yang jelas kami akan evaluasi dulu, jika sudah dievaluasi kan baru tahu kinerja masing-masing,” tukasnya.

Teks: Saukani

Editor: Imron Supriyadi

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster