92 Napi Rutan Tebing Tinggi Dapat Remisi

 200 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS – Kebahagiaan peringatan hari kemerdekaan RI ke 70 turut dirasakan warga binaan di rumah tahanan (Rutan) Tebing Tinggi. Setidaknya 92 napi mendapatkan remisi HUT RI dan dasawarsa.

Dari 92 napi, dua orang dinyatakan bebas setelah mendapat pemotongan masa tahanan, dan satu diantaranya mendapatkan surat keterangan bebas bersyarat. “Ada dua orang langsung bebas, 90 orang lainnya hanya mendapat pemotongan masa tahanan,” jelas Kepala Rutan Tebing Tinggi, Abdul Hakim Amer, pada acara pemberian remisi, kemarin (17/8).

Abdul Hakim menjelaskan, pemberian remisi HUT RI kali ini lebih banyak, sebab ada penambahan remisi dasawarsa dari kementrian hukum dan hak azazi manusia (Hukum dan HAM). Sesuai jumlah diajukan, semua disetujui kementrian dan bisa diberikan remisi sesuai kriteria dan jenis pemotongan masa tahanan. “Potongan beragam, sesuai ketentuan dan hasil verifikasi penilaian dari wilayah dan kementrian,” jelasnya.

Sebagai informasi kata Abdul Hakim, saat ini kapasitas napi dan tahanan di rutan Tebing Tinggi sudah membludak. Dari jumlah maksimal sekitar 92 napi, saat ini sudah mencapai 128 orang, dengan demikian kondisi didalam sel lebih padat.

Namun, imbuhnya, tetap diupayakan pengawasan ekstra, dengan pembagian sel khusus bagi tahanan perempuan serta kasus narkoba. “Sudah over kapasitas, kalau bisa ada bantuan penambahan ruang sel lagi agar tidak terlalu padat,” imbuhnya.

Sementara itu Wakil bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah mengatakan, pemerintah Empat Lawang akan merespon kebutuhan dari rutan Tebing Tinggi. Termasuk kebutuhan mendesak seperti ruang sel dan fasilitas lainnya, nanti akan diupayakan bantuan dari pemkab Empat Lawang. “Silahkan ajukan ke pemkab, nanti akan dibahas bersama solusinya,” kata Syahril.

Ia berpesan, agar para napi yang diberikan remisi dapat menjalankan sisa hukuman dengan baik. Terutama nanti jika sudah bebas, harus kembali ke masyarakat dalam keadaan bersih dan baik. Jangan sampai mengulangi lagi perbuatan buruk, agar tidak kembali lagi menjadi warga binaan. “Selamat untuk napi yang dapat remisi, yang belum tetap sabar dan jalankan sisa hukuman dengan baik agar bisa lebih cepat menghirup udara segar diluar sel,” tukasnya.

Teks: Saukani

Editor: Imron Supriyadi

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster