Kemarau, Proses Tanam Tertunda

 150 total views,  2 views today

Kemarau, Proses Tanam Tertunda

PAGARALAM, KS–Memasuki musim kemarau seperti sekarang ini, sejumlah petani di Bumi Besemah ini terpaksa menunda proses penanaman terhadap ratusan hektar  areal persawahan. Mengingat debit air untuk mengairi areal persawahan melik mereka tergolong sedikit, bahkan mengering.
   Pandi (56) salah seorang petani di dusun Bumi Agung Kecamatan Dempo Utara berujar, debit air yang sedikit membuat petani yang ada menjadi kesulitan mengairi areal persawahan. Bahkan, sebagian besar petani yang ada terpaksa menunda proses tanam baik padi maupun sayuran.
   “Kalau ketersedian air sedikit, kita terpaksa menunda proses tanam. Jika hal itu tetap dilaksanakan, yang ada akan merugi,” keluhnya, kemarin.
   Hal serupa dikemukakan Riduan, warga lainnya. Saluran air bagi areal persawahan mulai dari Bumi agung hingga Pagardin berasal dari irigasi Muara Siban. “Debit air sedikit, sedangkan yang embutuhkan banyak,” katanya.
   Ditempat terpisah, sejumlah  warga  Dusun Sandar Angin hingga Cawang Baru, Kelurahan Rebah Tinggi mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih, untuk minum dan mandi. Sebagian besar keberadaan air di dalam sumur yang ada mulai mengering.
   “Mayoritas kondisi airnya mulai mengeruh. Bagaimana mau memenuhi kebutuhan untuk minum dan mandi,” ujarnya seraya berkata guna memenuhi kebutuhan air bersih sejumlah warga terpaksa mengambil di sungai terdekat seperti sungai Selangis dan Cawang.
   Sementara itu, Kepala Dinas PU Kota Pagaralam Haryadi Razak ST melalui Kepala UPTD PAM Dinas PU Haryanto tak menampik bila banyak warga mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air bersih.
   “Sejauh ini kita tengah berusaha melaksanakan pemasangan jaringan pipanisasi disjumlah titik yang ada di Bumi besemah ini. Diharapkan agar warga yang ada dapat bersabar mengahadapi musim kemarau seperti sekarang ini,” singkatnya.

Teks: Antoni Stefen

Editor: Imron Supriyadi

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster