Pendistribusian Pupuk Subsidi Butuh Pengawasan

 181 total views,  2 views today

PAGARALAM, KS–Seiring terungkapnya para pelaku penimbunan pupuk subsidi di Bumi Besemah, para petani berharap agar Pemerintah Kota Pagaralam dalam hal ini Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura hingga Distributor, dapat menjamin keberadaan pupuk ataupun tidak akan terjadi lagi kelangkaan pupuk di pasaran.

Nizar (56), salah seorang petani kopi  di Dusun Tinggi Ari berharap agar kebutuhan pupuk di Bumi Besemah ini terus terjamin. Mengingat kebutuhan tersebut sangat mendukung aktivitas petani yang ada untuk mengelola usahanya.

“Selama ini tergolong sulit untuk mendapatkan pupuk bersubsidi akibat  ulah para oknum yang menyebabkan pendistribusiannya tidak sampai ke petani,” ujarnya seraya berkata padahal fungsi pupuk tentunya untuk mengenjot hasil yang maksimal.

Ia mengatakan, kebutuhan pupuk tentunya  harus cukup disaat musim tanam. Sementara membeli pupuk non subsidi tentunya sangat memberatkan petani, karena perbedaan harga sangat tinggi.

“Jika mengunakan pupuk non subsidi, tentunya tidak sebanding dengan hasil yang diperoleh, yang ada malah memberatkan petani,” paparnya, kemarin, seraya berharap agar pihak terkait dapat lebih mengoptimalkan pengawasannya terhadap pendistribusian pupuk bersubsidi.

Hal serupa dikemukakan Hairil, petani Simpang Mbacang Kecamatan Dempo Tengah. Ia mengatakan, disaat mengalami kelangkaan pupuk, dirinya terpaksa membeli pupuk non subsidi dengan harga mahal. “Ya, kalau harganya mahal kita hanya membeli dalam jumlah sedikit saja, sehingga hasil yang ada tidak begitu optimal,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Kota Pagaralam, Jumaldi Jani SP berujar, pihaknya tengah berupaya melakukan pengawasan terhadap pendistribusian pupuk di pasaran.

“Kita terus monitor dengan menerjunkan sejumlah penyuluh. Selain itu adanya permintaan pupuk dari kelompok tani mesti mengajukan rencana defenitif kebutuhan kelompok (RDKK) terlebih dahulu,” singkatnya.

Teks      : Antoni Stefen

Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster