Wujudkan Pelayanan Prima, Tambah Jaringan Pipanisasi

 195 total views,  2 views today

PAGARALAM, KS – Upaya mewujudkan pelayanan prima bagi pelanggan air mineral di Bumi Besemah, Pemerintah Kota Pagaralam melalui UPTD PAM Dinas PU melaksanakan pemasangan jaringan pipanisasi. Mengingat kondisi distribusi sarana air minum yang ada terbilang sudah tidak layak lagi dan mesti diganti dengan jaringan pipanisasi induk yang baru. Hal itu dikemukakan Kepala UPTD PAM, Hariyanto SE, kemarin.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan jaringan pipa induk yang baru didanai oleh pihak Kementerian Pekerjaan Umum Pusat, senilai Rp3 miliar. Adapun lokasi pemasangan jaringan pipanisasi dimaksud, mulai dari Simpang Tanjung Cermin-Simpang Nendagung sepanjang 2,8 km dengan mengunakan pipa ukuran 8 inch yang mampu mendistribusi 60 liter/detik.

“Ya, pelaksanaan pemasangan pipa ini merupakan lanjutan dari Intake (sumber air) Ayek Putih, Gunung Agung, Kecamatan Dempo Utara. Jaringan dimaksud, sebelumnya sudah terpasang pipa induk berukuran 12 inch, sepanjang sekitar 11 km,” terangnya.

Untuk lokasi lain lanjutnya, sudah terpasang pipa induk ukuran 6 inch, kemampuan 20 liter/detik yang menghubungkan mata air Gunung Dempo mulai dari Simpang SMPN 2 hingga ke RSUD Besemah, sepanjang 4 KM.

Ia mengatakan, saat ini jumlah konsumen yang menikmati pelayanan  PAM ada sekitar 3.200 pelanggan. Namun, bila adanya pemasangan jaringan pipa induk baru yang menghubungkan mata air Ayek Putih dan Gunung Dempo tersebut tentunya mampu mendistribusi sekitar 3.000 pelanggan baru lagi.

“Semoga pelaksanaan pipanisasi ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, tanpa mengalami suatu kendala yang berarti,” harapnya.

Teks : Antoni Stefen

Editor : Imron Supriyadi

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster