Mantan Kabag Humas Ditahan

 348 total views,  2 views today

MUSI RAWAS, KS-Mantan Kabag Humas Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura, Edi Zainuri ditangkap dan ditahan tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Lubuklinggau. Penangkapan terhadap tersangka dugaan korupsi penyalahgunaan dana humas di Setda Mura tahun 2014 senilai Rp5 miliar tersebut dijemput dirumahnya di Jl Depati Said, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, kemarin (3/8) sekitar pukul 18.00 WIB.

“Ada pejabat Mura baru saja ditangkap tim penyidik Kejari Lubuklinggau. Magrib ditangkap. Mantan Kabag Humas Mura, sekarang masih diperiksa dikantor,” kata Kepala Kejari Lubuklinggau, Patris Yusrian Jaya singkat kepada wartawan.

Penangkapan terhadap tersangka dipimpin langsung Kasi Intelijen, M Chadafi Nasution SH. Selanjutnya tersangka dibawa ke kantor Kejari Lubuklinggau guna diperiksa tim penyidik. Pemeriksaan berlangsung sekitar 20 menit. Lalu sekitar pukul 19.30 WIB tersangka keluar dari ruang pemeriksaan dan langsung digiring untuk ditahan di Lapas Klas IIA Lubuklinggau dengan pengawalan petugas Kejari naik mobil Innova BG 1197 HH warna hitam diikuti satu unit mobil Teranno BG 1145 HB.

Patris menjelaskan, sebelumnya pihak Kejari sudah melayangkan surat panggilan Nomor : SP-223/N.6.16/Fd.1/07/2015 terhadap tersangka pada 27 Juli 2015. Surat itu berisi agar tersangka dapat hadir pada Senin 3 Agustus 2015 untuk diperiksa tim penyidik Kejari sebagai tersangka dalam perkara tindak pidana dugaan korupsi penyalahgunaan anggaran bagian Humas Setda Kabupaten Mura.

“Dia disini diperiksa sekitar 20 menit. Kita konfirmasi ke dia soal surat tugas ke luar. Secara prosesdur satu minggu lalu kita berikan surat panggilan, ternyata dia kasih surat keterangan tidak bisa hadir,” bebernya.

Tersangka tidak memenuhi panggilan yang sudah ditentukan. Namun mangkir dari panggilan dengan alasan mendapat tugas ke Palembang dan melayangkan surat tugas nomor 090/168/SETDA/VII/2015 yang berisi memerintahkan Edi Zainuri, jabatan sebagai Staf Bagian Humas Setda Kabupaten Musi Rawas untuk  dinas, koordinasi  dan konsultasi dalam rangka pembentukan PPID ke Biro humas Provinsi Sumatera Selatan di Palembang tanggal 3 S/d6 agustus 2015. Surat tersebut ditanda tangani oleh asisten III bidang kesejahteraan rakyat dan keuangan.

“Oleh asisten tiga pemkab musi rawas yang bersangkutan ditugaskan ke Palembang dari tanggal 3 sampai tanggal 6 agustus,” jelas Patris.

Teks : Sri Prades

Editor : Imron Supriyadi

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster