Kemarau, Harga Sayuran Meningkat

 380 total views,  2 views today

PAGARALAM, KS – Memasuki musim kemarau, harga sayur mayur dipasaran kian meningkat hingga membuat petani di Bumi Besemah sumrigah. Sejauh ini para petani kian giat menanam sayurannya dalam jumlah banyak meskipun tergolong sulit memenuhi pasokan air bersih.

Pantauan di lapangan, di kawasan penghasil sayuran yang ada di Bumi Besemah, seperti Talang Sakuat, Dusun Kerinjing, Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara,  sejak harga sayuran kian naik,  hampir semua petani di kawasan ini mengiatkan aktivitasnya menanam sayuran.

Bandi, salah seorang petani sayuran setempat berujar, meski di musim kemarau seperti sekarang ini, akitifitas petani yang ada terus berupaya mengelolah ladangnya dengan menanami sejumlah jenis sayuran.

“Meski tidak banyak, kita tetap menanam sayuran yang biasa dibutuhkan masarakat, mulai dari kubis, sawi pahit, terong, tomat hingga buncis. Aneka sayuran dimaksud saat ini tentunya diimbangi olehj meningkatnya permintaan pasar,” katanya seraya berujar hampir 50 persen pasokan sayuran di Pagaralam berasal dari kawasan Talang Sakuat.

Upaya menyiasati persoalan harga lanjutnya, tentunya dengan melakukan terobosan di bidang pemasaran, terutama dari pihak-pihak terkait. Selain di Pagaralam sendiri, tentunya bisa dijual  ke Palembang dan sejumlah daerah lainnya.

“Kalau kita lebih mengutamakan pemasaran di luar daerah, harga sayuran Pagaralam tentunya akan tinggi,” jelasnya, kemarin.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Kota Pagaralam, Jumaldi ST menagatakan, memasuki musim kemarau seperti sekarang ini, pihaknya terus berupaya menurunkan sejumlah personil di lapangan guna mengawasi perbagai kendala yang dihadapai petani.

“Panen sayuran di musim kemarau memang tidak begitu signifikan, tapi setidaknya perimbangan harga tetap membuat para petani kian giat mengelola ladang mereka,” singkatnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Pengelolaan Pasar (Disperindagkop UKM PP) Kota Pagaralam, Rahmat Madroh SSos MM mengatakan, pihaknya terus mengawasi pasokan sayuran di sejumlah pasar  Pagaralam. “Soal harga, tentunya sudah sesuai dengan mekanisme pasar,” katanya.

Teks : Antoni Stefen

Editor : Imron Supriyadi

 

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster