Gangguan Jiwa, Pembunuhan Ayah Kandung Dilepas

 140 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS – Meskipun sempat diamankan di Mapolsek Pasemah Air Keruh (Paiker) sekitar 24 jam, Akbar (25) pelaku pembunuh ayah kandungnya, Yansuri (50) Kepala Desa (Kades) Tanjung Beringin akhirnya dilepas.

Pelaku ditahan, Minggu (2/8) beberapa jam setelah melakukan pembunuhan. Namun, kemarin (3/8) ia dilepas dengan alasan mengalami gangguan kejiwaan (stres). Atas permintaan keluarganya, pelaku dilepas untuk pengobatan ke rumah sakit jiwa (RSJ) Provinsi Bengkulu.

“Atas permintaan keluarganya, kita lepas karena ada inisiatif pengobatan ke RSJ Bengkulu. Pelaku mengalami gangguan kejiwaan,” ungkap Kapolres Empat Lawang, AKBP Rantau Isnur Eka melalui Kapolsek Paiker, Ipda Romi, kemarin.

Dijelaskan Romi, pelaku (Akbar) selama ditahan memang berkelakuan cukup aneh dan tidak seperti orang lainya, seperti dia sering menghempaskan kepalanya ketembok dan bahkan sampai keningnya mengeluarkan darah. “Kayaknya mengalami gangguan kejiwaan, karena prilakunya tidak seperti orang yang normal, “bebernya.

Selain itu juga, masih kata Romi pihak keluarga tidak ingin melanjutkan kasus ini, karena alasan pihak keluarga cukup hilang satu saja dan jangan sampai kami hilang keduanya. “Keinginan pihak keluarga sendiri meminta kasus ini tidak diproses dan dibiarkan saja, “tuturnya.

Dilanjutkannya, pihaknya tinggal menunggu dari hasil pemeriksaan medis apakah memang benar mengalami gangguan jiwa atau hanya berpura-pura saja. Jika nantinya dari hasil tersebut menyatan tersangka normal-normal saja, maka mau tidak mau akan kita proses. Walaupun pihak keluarganya sendiri tidak menginginkan, karena menurutnya tersangka sudah melanggar hukum pidana. “Kalau memang hasilnya nanti mengatakan bahwa pelaku tidak memiliki sakit gangguan jiwa maka akan kita proses sesuai dengan hukum yang berlaku, walaupun pihak keluarga tidak menginginkannya,”tegas Romi.

Sementara itu, Kabid PDK BPM Pemdes Guntur Martandy mengatakan, pada Desember 2015 mendatang Kades Tanjung Beringin sudah habis masa jabatan, untuk mengisi kekosongan tersebut jelas ada Pelaksana Harian (Plh). “Camat yang menetukan siapa yang ditunjuk sebagai Plh, kemudian apabila sudah mendekati masa jabatan kades maka Camat akan merekemdasikan Pejabat Sementara (Pjs) Kades,”ungkapnya.

Yang jelas sambungnnya, Kades Tanjung Beringin masih beberapa bulan lagi jabatannya, tentu saja nanti Camat menunjuk Plh, kemungkinan Sekretaris Desa (Sekdes) ditunjuk menjadi Plh untuk mengisi kekosongan. “Kebetulan sekdes Tanjung Beringin PNS maka tidak ada salah menunjuk Sekdes sebagai Plh,” tukasnya.

Informasi sebelumnya, Yansuri (50) Kepala Desa (Kades) Tanjung Beringin, Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) Kabupaten Empat Lawang tewas mengenaskan. Pria paruh baya ini digorok anak kandungnya sendiri, Akbar (25) diduga mengalami gangguan kejiwaan, Minggu (2/8) sekitar pukul 06.30 WIB.

Teks : Saukani

Editor : Imron Supriyadi

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster