Penangkaran Walet Marak, Pemkab Empat Lawang Tutup Mata

 1,053 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS – Instansi terkait di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang terkekesan tutup mata dengan maraknya gedung tinggi yang dialihfungsikan menjadi usaha penangkaran walet.

Padahal, usaha penangkaran walet sudah beberapa tahun terakhir dikeluhkan warga, karena menggangu kenyamanan bahkan membahayakan kesehatan. Namun, sepertinya usaha itu dibackingi oknum pejabat, sehingga tak ada satupun instansi terkait berupaya menertibkan.

Seperti dikeluhkan warga Tebing Tinggi, beberapa usaha penangkaran walet itu sudah sangat mengganggu warga sekitarnya, mereka mengeluhkan adanya penangkaran walet disekitar tempat tinggal dapat membuat ligkungan semakin kotor yang notabenenya akan mendatangkan berbagai penyakit juga suara yang dihasilkan oleh kaset walet sudah sangat mengganggu.

“Kotoran burung walet itu selalu berjatuhan tiap saat, atap rumah saya saja sudah hampir tertutup oleh kotoran burung walet dari penangkaran tetangga. Belum lagi kalau kita berjalan di sore hari, terkadang kotorannya bisa juga menimpa kepala,” ujar Angga (29), warga Tebing Tinggi.

Dikatakannya, akhir-akhir ini warga pasar Tebing Tinggi kesulitan mendapatkan air bersih. Dengan demikian rata-rata penduduk setempat ketika turun hujan selalu menampung air hujan untuk dipergunakan sebagai keperluan keluarga. “Penduduk sini kan banyak menampung air hujan, nah jika atap-atap rumah warga sudah dipenuhi kotoran burung walet tu, otomatis air yang ditampung juga terkena kotoran dong. Kalau dipergunakan bisa jadi sumber penyakitlah. Belum lagi jika suara kaset walet tu membuat kami sekeluarga sangat terganggu,” tambahnya lagi.

Begitu juga yang disampaikan Sofian (35) warga lainnya, seharusnya Pemkab Empat Lawang menertibkan seluruh penangkaran walet. Misalnya saja, penangkaran harus dijauhkan dari pemukiman warga supaya tidak mengganggu.

“Saya harap Pemkab harus buat aturan jelas tentang pendirian bangunan untuk penangkaran walet. Pemerintah jangan hanya diam, tapi kaji jugalah akibatnya. Tapi kalo saya lihat betul keadaan sekarang ni, cukup modal gedung tinggi terus putar kaset walet, maka uang pun didapat tanpa mempedulikan warga sekitar,” tukasnya.

Teks : Saukani

Editor : Imron Supriyadi

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster