Mantan Kepala Dinas Pertanahan Ditangkap, Lanjutan Kasus Revbun

 319 total views,  4 views today

MUSI RAWAS KS – Mantan Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten Musi Rawas,Darwin Masro ditangkap dalam kasus revitalisasi perkebunan tahun 2007-2012.

Kapolres Musi Rawas,AKBP Nurhadi Handayani mengatakan tersangka ditangkap sehubungan dengan perkara dugaan tipikor kegiatan revitalisasi perkebunan Desa Lubuk Pauh Kecamatan Bts ulu kab. Mura tahun 2007-2012 sehubungan dengan LP/A-54/III/2013/SS/Res Mura tgl 18 maret 2013.

Kronologis penangkapan mantan kepala dinas ini, tersangka ditangkap setelah dilakukan pemeriksaan di ruangan unit pidkor polres mura, peranan tersangka karena telah membuat surat perjanjian kerjasama dengan kepala dinas perkebunan Kabupaten Mura tahun 2007, yaitu Ir. Chaidirsyam yang saat ini sudah ditahan sebelumnya dalam pengadaan sertifikat kimbun sebanyak 700 persil dan diantaranya sebanyak 238 persil di desa lubuk pauk kec. Bts ulu kab. Mura, kemudian sertifikat tanah tersebut digunakan sebagai agunan pada BRI cabang lubuk linggau sehingga mengakibatkan negara dirugikan sebesar Rp. 3.681.030.800,00.-.

Proses penerbitan sertifikat tersebut tidak sesuai prosedur karena ktp dan KK yang digunakan berdasarkan hasil labfor adalah palsu, lokasi tanah yg diterbitkan sertifikat berada dalam kawasan hutan produksi benakat semangus dan masuk dalam wilayah kerja PT. Musi Hutan Persada (MHP).

” Berdasarkan hasil pemeriksaan pada server kependudukan Disdukcapil Kabupaten  Mura, ktp dan kk yg digunakan petani sebanyak 118 orang hanya 24 org yg terdaftar namun bukan beralamat di desa lubuk pauh kec. Bts ulu kab. Mura, melainkan di desa dalam kec. Tugumulyo kab. Mura,”jelasnya.

Terkait perkara ini Polres Mura telah menyidik 6 orang dan sudah divonis oleh pengadilan tipikor palembg yaitu  NGADINO selaku AO BRI cabang lubuk linggau., SADARMAN selaku Pinca BRI Cabang Lubuk linggau, SULAEMAN TAHE selaku Pinca BRI Cabang Lubuk linggau.,AL IMRON (Kepala Desa Lubuk Pauh) dan BUDIMAN selaku anggota DPRD Musi Rawas.

Teks : Sri Prades

Editor : Imron Supriyadi

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster