HBA Tolak Perangkat Desa Ijazah Paket

 364 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS – Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri (HBA) memastikan, perangkat desa harus lebih profesional, energik dan pekerja keras memajukan desanya. Namun, pengangkatan perangkat desa baru, ada mekanisme dan peraturan daerah (Perda) tersendiri.

“Kedepan, tidak ada lagi perangkat desa ber ijazah paket C. Harus memiliki ijazah SMA atau SMK dan MA. kita ingin mereka yang energik,”tegas HBA pada paripurna pandangan fraksi terkait Laporan Kerja Pertanggung Jawaban Bupati (LKPJ) tahun anggaran 2014, Jumat (26/6) lalu.

Menurut HBA, Kades yang beberapa waktu lalu dilantik tidak sedikit sudah ber umur (usia lanjut), namun banyak pula yang masih muda. Tentu saja perangkat desa sebagai pendamping kades harus perangkat yang mampu bekerja mendampingi dan membantu Kades dalam memajukan dan membangun desa. “Untuk Kades baru menjabat jangan terlebih dahulu membentuk perangkat desa, kita bentuk Perda terlebih dahulu, saya minta BPMPD membuat surat kepada semua Kades,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Empat Lawang, M Azhari mengaku siap memberikan informasi kepada semua Kades, pihaknya akan menyebarkan surat kepada semua Kades yang baru menjabat. “Kita akan buat surat disebarkan kepada semua Kades, agar bisa memaklumi,”imbuhnya.

Informasi dihimpun Kabar Sumatera menyebutkan, rencana penolakan ijazah paket untuk pengisian perangkat desa menuai tanggapan beragam. Disatu sisi dukungan muncul dengan alasan meningkatkan kualitas aparatur desa, disisi lain ada penolakan sebab dinilai sebagai diskriminasi. Sebab, penilaian utama perangkat desa adalah orang yang mampu menjalankan tugas dan memenuhi kriteria pendidikan, bisa jadi minimal setingkat SMA.

“Ini sama saja diskriminasi, kan ijazah paket diakui pemerintah. Banyak kades bahkan anggota DPRD ber ijazah paket, harusnya dipertimbangan kembali sebelum nanti membuat kebijakan,” cetus sumber tadi menolak disebutkan namanya.

Teks : Saukani

Editor : Imron Supriyadi

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster