Lulus TK-Bisa Calistung Tidak Jamin Bisa Masuk SD

 202 total views,  2 views today

LUBUKLINGGAU, KS- Mengantongi ijazah Taman Kanak-kanak (TK) dan bisa Baca Tulis dan Hitung ternyata tidak menjadi jaminan anak bisa langsung diterima masuk sekolah dasar.

Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau,tidak menjadikan ijazah TK dan Calistung sebagai patokan atau tolak ukur pada penerimaan siswa baru Sekolah Dasar (SD) tahun pelajaran 2015/2016.

Seperti disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Firdaus Abky kepada Kabar Sumatera,Rabu (24/6). Ia menegaskan, syarat yang menjadi tolak ukur adalah umur 7 tahun.

” Setiap SD akan melakukan perankingan umur setiap pendaftar, kalau umurnya memenuhi dan kapasitas tampung sekolah mencukupi pasti akan diterima,”tegas Firdaus.

Menurutnya, dihilangkanya syarat ijazah TK dan Calistung pada PSB dapat memberikan ruang dan kesempatan yang sama kepada setiap anak,baik yang telah menempuh pendidikan di TK maupun tidak.

” Harus bisa Calistung pada prinsipnya memang memberikan efek negatif , tapi secara psikologis menjadi beban anak dan orang tua,” kata dia.

Dijelaskanya, untuk bisa Calistung pada setiap anak memang dimulai ditingkatan SD,namun memang menjadi lebih baik ketika sudah mahir sebelumnya. Meski,demikian proses awal pendidikan wajib sembilan tahun diawali kelas 1 SD.
“Karena TK seharusnya efisienya belajar dan bermain bukan mengutamakan bisa Calistung,karena start awal nya di SD,”ujarnya.

Pendaftaran siswa baru SD tahun ini rencananya dimulai akhir Juni sampai dengan 4 Juli 2015,sedangkan pendaftaran dari SD ke SMP dari 26-30 Juni. Setiap peserta harus sesuai dengan rayon sekolah masing-masing.

Sebab pendaftaran ketingkat SMP menggunakan rayonisasi,berbeda dengan ketingkat SMA/sederajat yang bebas rayon. 

Teks: Sri PradeS

Editor: Imron Supriyadi

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster