Kuasai “Nyawangan”, Begal Beraksi Dengan Senpi dan Pedang

 1,034 total views,  4 views today

EMPAT LAWANG, KS – Sejumlah titik jalan melintasi perkebunan dan sepi (Nyawangan, red) baik di Jalinsumteng, jalan provinsi dan akses kabupaten Empat Lawang terkesan dikuasai kawanan perampok (Begal, red).

Sepekan terakhir, terjadi beberapa kali perampokan sadis. Setelah Kepala PLN Rayon Pendopo, Edison (56) dirampok oleh kawanan begal di Nyawangan, Desa Sawah Kecamatan Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang, Senin (15/6) sekitar pukul 23.00 WIB lalu. Akibat kejadian itu, Edison menderita luka bacok di tangan dan kerugian materi jutaan rupiah. Kejadian serupa dialami Andri bin Nava Sah (16) seorang pelajar warga Desa Lubuk Tanjung Kecamatan Muara Pinang Empat Lawang yang menjadi korban aksi sadis begal, Jum’at (19/6) sekitar jam 1.00 WIB. Korban Korban yang masih tergolong ABG ini mengalami luka bacokan di sekitar wajah, sepeda motor jenis Yamaha Xeon warna hitam nopol BG 2313 WJ yang dikendarainya dilarikan oleh kawan begal.

Belum sepekan, kemarin (21/6) aksi begal kembali terjadi di Nyawangan Air Pinang, Jl Pagaralam – Bengkulu perbatasan Desa Sapah Panjang dengan Desa Talang Tinggi, Kecamatan Muara Pinang. Korbannya giliran sopir pengangkut ayam potong, Santoso (51) warga Desa Banjar Sari, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat menjadi korban kawanan begal kerap beraksi di Nyawangan Air Pinang tersebut.

Akibatnya kejadian di bulan Ramadhan itu, para pelaku yang diperkirakan sebanyak tiga orang berhasil menggasak satu keranjang berisi ayam potong sebanyak 15 ekor, ditaksir senilai Rp3 juta milik korban diangkut di dalam mobilnya.

Bukan hanya itu, para pelaku juga merampas dua unit handphone (hp) merk Nokia dan uang tunai Rp300 ribu milik korban. Bahkan kaca pintu mobil sebelah kanan dan spion kanan juga pecah akibat dibacok pelaku menggunakan senjata tajam (sajam) jenis pedang.

Setelah itu para pelaku kabur meninggalkan korban dengan membawa hasil curiannya. Sedangkan korban langsung melapor ke Mapolsek Muara Pinang. “Laporan korban sudah kami terima, juga sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP),” ujar Kapolres Empat Lawang AKBP Rantau Isnur Eka melalui Kapolsek Muara Pinang, Iptu Jarapandri.

Dijelaskannya, kejadian bermula korban hendak mengantarkan pesanan ayam potong dari Kabupaten Lahat menuju Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang. Tiba di TKP, mobil korban dikejar para pelaku lalu disalip dan dicegat serta mengancam korban dengan sajam berupa pedang.

“Pedang tersebut langsung dibacokkan ke arah korban mengakibatkan kaca pintu mobil sebelah kanan dan kaca spion kanan pecah,” jelas Jara menambahkan, ada dugaan pelaku aksi begal di sejumlah titik nyawangan adalah kawanan sama.

Informasi dihimpun Kabar Sumatera dilapangan, aksi begal juga terjadi di Nyawangan Desa Sugiwaras Kecamatan Tebing Tinggi tepatnya di kawasan Talang Meril, Jum’at (19/6) sekitar pukul 22.30 WIB. Akibat kejadian itu korban Arpin (50) dan Saidi (45) warga Sugi Waras menderita luka memar di badannya akibat dipukuli para pelaku dengan kayu. “Pelakunyo delapan orang pak, tiga pakai pistol dan tiga pelaku lainnya pakai sajam dan kayu,” ungkap korban Arpin.

Dari keterangan Arpin, saat itu ia dengan temannya Saidi dari pasar Tebing Tinggi berboncengan menggunakan sepeda motor Suzuki Shogun 125, hendak pulang ke Desa Sugi Waras. Tiba di TKP mereka dicegat pelaku berjumlah delapan orang dan mengancam akan menembak dengan menidongkan senjata api (senpi) ke kepala. Setelah itu para pelaku memaksa mengambil barang berharga milik mereka. Alhasil para pelaku berhasil menggasak sepeda motor dan HP merk Nokia milik Saidi. Kerugian yang dialami sekitar Rp 7 juta.

Meskipun aksi perampokan ini sudah dilaporkan ke Mapolres Empat Lawang, Sabtu (20/6), namun hingga berita ini diturunkan belum juga dilakukan olah TKP oleh petugas. Bahkan, rencananya olah TKP baru dilakukan Senin (22/6) sore, belum diketahui apa alasan lambannya proses pengusutan aksi begal tersebut.

Teks : Saukani

Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster