2016, Irigasi Lintang Kiri Difungsikan‬

 1,203 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS – Pembangunan irigasi Lintang Kiri di Kecamatan Muara Pinang segera rampung. Targetnya, 2016 saluran tersier, primer dan skunder irigasi terbesar di Empat Lawang tersebut siap dioperasikan.

Irigasi Lintang Kiri, diproyeksi mampu mengairi setidaknya 3037 hektar sawah baru, tiga kecamatan bakal menikmati saluran air dari bendungan Lintang Kiri yaitu Muara Pinang, Lintang Kanan dan Pendopo. “Target kita 2016 operasikan, dari balai sendiri sudah mencanangkan sekitar 1500 hektar cetak sawah baru di Muara Pinang,” jelas Bupati Empat Lawang H Budi Antoni (HBA), kemarin.

Sawah baru kata HBA, dicetak mulai 2016 dan akan dipenuhi kebutuhan seluruhnya 2017 mendatang. Dengan adanya irigasi Lintang Kiri, HBA menegaskan, tidak pernah membedakan masyarakat Muara Pinang dengan kecamatan lainnya. Karena bisa saja dialihkan pembangunan ke Tebing tinggi atau Saling, namun mengingat lebih stategis dan dibutuhkan maka lintang kiri dibangun di muara pinang yang tentu bermanfaat banyak bagi masyarakat Muara Pinang itu sendiri.

“Baik cetak sawah maupun kolam ikan dan kegiatan pertanian lainya, yakin manfaat irigasi lintang kiri ini dapat meningkatkan dengan cepat pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat,”ujarnya.‬

‪Mengenai pembebasan lahan, HBA pastikan sebelum lebaran idul fitri tahun ini sudah dapat di bayar ke pemilik lahan. Sehingga dapat berlebaran dengan tenang, jadi intinya tidak ada lagi kendala, semua masyarakat mendukung makanya pemerintah juga mengucapkan terima kasih. “Pembangunan irigasi lintang kiri ini bukan lah hal yang mudah dan gampang, makanya kami menitipakn kepada semua kepala desa dan masyaakat agar dapat merawat dan memfungsikannya sebagaimana mestinya.”tegasnya.‬

Sementara itu ‪Mardiah (40),salah seorang warga Muara Pinang mengaku senang di bangun Irigasi lintang kiri, masyarakat dapat bertani dan berusaha budidaya ikan sehingga kedepan berharap meningkatkan penghasilan keluaga. “InsyaAllah memberi manfaat, irigasi Lintang Kiri sangat berarti bagi kami dalam mencari nafkah,” tukasnya. 

Teks : Saukani

Editor: Imron Supriyadi

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster