Bulan Ramadhan, Pengawasan PNS Diperketat

 236 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang mulai memberlakukan pengurangan jam kerja bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) selama bulan suci ramadhan 1436 H. Pengawasan terhadap disiplin pegawai akan diperketat dan tidak ada alasan bagi pegawai untuk tidak memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Hal tersebut seperti yang dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Empat Lawang, Drs Hamdan, Kamis (18/6).

Diterangkan Hamdan, akan ada pengurangan jam kerja selama bulan suci ramadhan. Menurutnya, kalau di hari normal PNS bekerja selama 8,5 jam per hari selama bulan ramadhan hanya 7,5 jam. “Biasanya kalau hari normal mereka sehari bekerja 7,5 jam atau 37,5 jam seminggu. Selama puasa dikurangi satu jam,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan pengurangan tersebut juga sejalan dengan surat edaran dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) RI, perihal penyampaian Surat Edaran Men.PAN-RB untuk penetapan jam kerja ASN, TNI dan Polri selama bulan Ramadan.

“Kemudian, kita tindaklanjuti melalui surat edaran Bupati Lahat, dimana,
nantinya kita sebarkan ke masing-masing satuan kerja perangkat daerah
(SKPD) untuk dapat diterapkan atau disesuaikan,” bebernya.

Jam kerja selama Ramadan, Senin sampai Kamis dimulai pukul 08.00 WIB-15.00 WIB, waktu istirahat pukul 12.00 WIB-12.30 WIB, sedangkan Jum’at pukul 08.00 WIB-15.30 WIB, istirahat pukul 11.30 WIB-12.30 WIB.

Sementara, Wakil Bupati Empat Lawang H Syahril Hanafiah menegaskan, tidak ada alasan bagi PNS untuk bermalas malasan selama bulan puasa. Menurutnya, jika dijalani dengan iklas pekerjaan yang dilakoni tidak akanmenganggu khusyukan beribadah puasa. Sebaliknya, akan. membantu dan meringankan. Marwan memastikan akan ada pengawasan disiplin pegawai selama bulan puasa.

“Tidak ada alasan bolos atau malas malasan kerja selama ramadan. Kalau dijalani dengan baik akan menambah ibadah,” tukasnya. 

Teks: Saukani

Editor : Imron Supriyadi

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster