Pemkab Empat Lawang Janji Perhatikan Kader Posyandu

 320 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS – Pemerintah Kabupaten Empat Lawang melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMD) memastikan, siap memperhatikan kader posyandu. Terutama, dalam meningkatkan kemampuan dibidang kesehatan agar pelayanan lebih maksimal.

Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri melalui Sekda H Burhansyah mengatakan, perhatian dimaksud dengan memaksimalkan peralatan di posyandu. Selain itu, meningkatkan kualitas para kader posyandu di Kabupaten Empat Lawang. “Pejabat terkait, tolong proaktif memperhatikan posyandu. Cek kelapangan, kalau ada kekurangan alat dan perlengkapan tolong difasilitasi,” kata Burhansyah pada bimbingan tekhnis kader posyandu desa, kemarin (16/6).

Peran kader posyandu desa? jelas Burhansyah, sangat penting dalam memberikan pelayanan sekaligus menyampaikan informasi bidang kesehatan ke masyarakat. Makanya, para kader posyandu terutama balita, mesti dibekali ilmu dan keterampilan mumpuni, ini menyangkut masa depan generasi muda di pedesaan.

Sekda juga memberi ruang bagi kader posyandu, agar tidak segan menyampaikan keluhan terkait fasilitas ke pemkab Empat Lawang. Namun tentu ada jenjangnya, laporan mulai dari kades, camat dan disampaikan ke BPMPD selaku leading sector bidang pemberdayaan masyarakat desa. “Harus sama-sama proaktif, agar cita-cita menuju Empat Lawang EMASS nan Gemilang bisa terwujud. Semua elemen masyarakat bisa berperan aktif termasuk para kader posyandu desa,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala BPMPD Empat Lawang M Azhari melalui Kabid Sosial Budaya dan Usaha Ekonomi Masyarakat (Sosbud UEM), Murni Sari menjelaskan, bimteks kader posyandu pedesaan dilaksanakan, guna meningkatkan kualitas dan kemampuan bidang kesehatan dan pelayanan ke masyarakat.  Ini juga kata Murni, dari desakan para kader posyandu desa, sebab selama ini masih banyak kendala informasi dalam pelayanan.

“Kita memberikan ruang, agar para kader posyandu bisa lebih terampil dan mumpuni. Sekaligus melakukan pendataan, kesiapan para kader posyandu desa se Kabupaten Empat Lawang,” jelas Murni.

Peserta bimteks imbuh Murni, dari kader posyandu balita 187 orang dan kader posyandu lanjut usia (lansia) 187 orang, totalnya 374 kader se kabupaten Empat Lawang. Diberikan materi terkait tekhnis pelayanan dan informasi bidang kesehatan, oleh tim BPMPD Provinsi Sumatera Selatan. “Kita upayakan output positif dari kegiatan ini, sebab peran kader posyandu penting bagi masyarakat desa,”tukasnya.

Teks: Saukani

Editor: Imron Supriyadi

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster