Kelurahan Pasar Tebing Tinggi Dimekarkan

 441 total views,  4 views today

EMPAT LAWANG, KS – Guna memaksimalkan pelayanan publik, komposisi Rukun Tetangga (RT) di wilayah Kelurahan Pasar Tebing Tinggi akan dimekarkan. Rencana pemekaran dilakukan di RT 01 RW 07 Tanjung Beringin Lama, sebab jumlah kependudukan sudah cukup besar.

Lurah Pasar Tebing Tinggi, Gatot Evan Ernaldi mengakui, peran pelayanan publik di tingkat kelurahan sangat bertumpuh pada RT dan RW. Makanya, setiap wilayah diupayakan dengan jangkauan tidak terlalu besar.

Pemekaran RT 01 RW 07 sendiri, dilakukan berdasarkan desakan masyarakat, sebab saat ini wilayah dan jumlah KK kependudukan sudah mencapai 150 Kepala Keluarga. “Intinya kita ingin memaksimalkan pelayanan publik,” jelas Gatot pada musyawarah pemekaran RT 01 RW 07 Kelurahan Pasar Tebing Tinggi, kemarin (16/6).

Gatot menambahkan, pemekaran dilakukan secara musayawarah mufakat, tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Termasuk sistem penetapan ketua RT pemekaran sendiri, dilakukan secara musaywarah mufakat.

Pihak kelurahan sendiri imbuh Gatot, menyerahkan sepenuhnya ke masyarakat siapa calon kandidat ketua RT mereka. “Kita kasih ruang ke masyarakat, agar memilih ketua RTnya sendiri. Namun diupayakan melalui musyawarah saja,” imbuh Gatot menjelaskan, satu nama diajukan masyarakat menjadi lurah pemekaran yaitu Ahmad Mulyadi.

Informasi dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD), untuk RT baru diminta keikhlasan, sebab untuk penganggaran honor baru dianggarkan pada tahun 2016 mendatang. Jadi, jangan ada anggapan nanti honornya dimakan pihak kelurahan.

Sementara itu Ketua RT 01 RW 07 Kelurahan Pasar Tebing Tinggi, Safran menjelaskan, atas permintaan masyarakat dirinya mengajukan pemekaran RT. Sebab, wilayah dan jumlah KK kependudukan saat ini sudah cukup besar mencapai 150 KK. Selanjutnya, akan dibahas batas dan wilayah kependudukan RT pemekaran.

“Untuk batas, kami serahkan ke pihak kelurahan dan masyarakat. Setidaknya dengan adanya pemekaran ini, pelayanan kita akan maksimal,” tukasnya.

Teks: Saukani

Editor: Imron Supriyadi

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster