Pelantikan 101 Kades Hasil e Voting, Harusnya Rekor MURI ?

 309 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS – Pelantikan 101 calon kades terpilih, hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak sistem e voting Kabupaten Empat Lawang, seyogyanya bisa menjadi nominasi Musium Rekor Indonesia (MURI).

Namun, pemkab Empat Lawang sepertinya tak memaksakan predikat populer bertaraf nasional tersebut. Dibalik itu, kesuksesan pilkades sistem e voting akan memberi nilai positif keberhasilan daerah. Meskipun daerah baru, Empat Lawang bisa memberi contoh dan bahan study banding keberhasilan pilkades e voting di skala nasional. “Ya bisa saja rekor MURI, ini mimpi kita,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Empat Lawang, M Azhari baru baru ini.

Ia memastikan, Rabu (17/6) sebanyak 101 Calon Kades terpilih akan dilantik secara serentak di Gedung Serbaguna, bahkan Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri akan langsung melantik Kades terpilih.

Sementara itu, meskipun masih banyak pengaduan dan sanggahan dari calon Kades, namun pelatikan tidak dapat ditunda lagi melainkan tetap dilaksanakan, kalau memang ada permasalahan yang sifatnya sudah masuh kerana pidana silakan lapor kepada pihak yang berwenang.

“Kita tahu memang masih ada aduan dari calon Kades, namun pelatikan tidak bisa kita tunda melainkan tetap dilaksanakan, kalau memang permasalahan yang dialami calon Kades kerana pidana silakan lapor kepada pihak yang berwenang,” ungkap Kabid PDK Guntur Martandy.

Hampir merata, sambung Guntur, permasalahan yang diadukan masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT), namun sebagian kecil ada juga yang mengeluhkan peralatan e-Voting. “Kebanyakan yang melapor masalah DPT, sebagian kecil lagi masalah alat e-Voting,” jelasnya.

Pelaksanaan pelatikan Kades terpilih ini sesuai dengan mekanisme melalui penyaringan dan pemilihan melalui e-Voting, meskipun dalam pelaksanaan maupun usai pelaksanaan terjadi sanggahan maupun aduan dari Calon Kades namun pelantikan Kades terpilih ini sudah sesuai tahapan dan berdasarkan ketetapan Panitia Kabupaten.

“Ada beberapa Calon Kades yang mengadu kepada kita, tapi sesuai dengan rapat panitia Kabupaten pelantikan Kades dilaksanakan pada rabu nanti dan Bupati sendiri akan melantikan 101 Kades terpilih,”tukasnya. 

Teks: Saukani

Editor: Imron Supriyadi

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster