KP3A: Lingkungan Harus Ramah Anak

 208 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG | Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KP3A) Kabupaten Empat Lawang, Iis Juairiah menyayangkan kejadian menimpa Supandika alias Andil (11) bocah SD tewas kesetrum pagar tetangga beberapa waktu lalu. Terkait peristiwa itu, KP3A menekankan agar lingkungan harus ramah anak, dalam artian menjaga keselamatan anak-anak disekitarnya.

Kata Iis, seharusnya semua lingkungan harus ramah anak seperti di lingkungan sekolah, di rumah bahkan di lingkungan tempat tinggal mereka.

“Kami sangat menyayangkan hal tersebut bisa terjadi. Anak-anak masih banyak yang tidak tahu akan bahaya yang ada di sekitar mereka. Oleh sebab itu harus menciptakan lingkungan yang ramah untuk mereka,” jelasnya, kemarin.

Sejauh ini kata Iis, pihaknya belum mengetahui pasti kejadian tersebut. Namun dalam waktu dekat ini, pihaknya akan mengunjungi rumah korban dalam. “Kejadian itu menyangkut anak bahkan sampai menghilangkan nyawanya. Jadi kami akan mengunjungi rumah korban,” katanya.

Iis menjelaskan, lingkungan yang ramah anak itu contohnya membebaskan anak untuk bermain di lingkungan tersebut. Meskipun tanpa diawasi, mereka nyaman untuk bermain dan tidak ada bahaya di sekitar tempat bermain mereka.

“Seperti main layang-layang, kalau bermain di pinggir jalan, tidak boleh karena berbahaya. Berbahaya karena banyak kendaraan yang lewat dan banyak tiang listrik. Seharusnya bermain di lapangan yang luas,” jelasnya

Sama halnya dengan memasang setrum untuk menjebak maling. Hal itu sangat berbahaya dengan anak-anak bahkan dengan orang lain. Tapi jika sangat penting dipasang setrum harus ada izin dari pihak terkait seperti ketua rukun tetangga (RT) atau lainnya.

“Listrik itu sangat berbahaya, apalagi tegangannya tinggi. Memang niatnya menjebak maling, tapi kenyataannya nanti bukan maling yang kena jebak tapi orang lain yang tidak berniat untuk maling. Semestinya jangan memasang setrum, cukup dijaga atau menyewa penjaga rumah,”imbuhnya.

Sementara itu Ahmad (60) salah satu tokoh masyarakat Empat Lawang, mendesak agar segenap Kades, Lurah dan jajaran memberikan imbauan ke masyarakat. Terutama dalam menjaga kondisi aman dilingkungan, misalnya saja listrik, sumur dan lainnya. “Peran aktif RT, RW dan perangkat desa harus maksimal, kejadian ini hendaknya menjadi contoh agar tidak terulang lagi ditempat lain,” tukasnya.

 

Teks     : Saukani

Editor  : Muhammad MG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster