Pilkades, DPRD Empat Lawang Pastikan Netral

 194 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak sistem e voting Kabupaten Empat Lawang mendapat sorotan semua pihak. Termasuk para anggota legislatif di DPRD Empat Lawang, turut melakukan peninjauan demi kesuksesan agenda pesta demokrasi di bumi saling keruani sangi kerawati.

Ketua DPRD Empat Lawang H David Hadrianto memastikan, semua dewan netral selama proses pilkades. Meskipun agenda politik, dewan wajib menjaga netralitasnya agar proses demokrasi berjalan sukses, jujur, adil dan profesional. “Saya yakin, semua dewan netral,” tegas David, kemarin.

Netralitas? Jelas politisi partai Golkar ini, dibuktikan pada saat proses peninjauan pilkades. Dewan tidak diperbolehkan meninjau pilkades di desa yang berada di dapilnya, saat pemilihan legislatif lalu. Jadi ada sistem roling, beda-dapil yang ditinjau. Hal ini dilakukan guna menjaga netralitas dan menghilangkan pemikiran negatif masyarakat terhadap para anggota dewan.

Dia mencontohkan ketika didesa dewan itu sendiri yang menang orang terdekat dewan, tentu pemikiran masyarakat negatif terhadap anggota dewan tersebut. Nah untuk menghindari pemikiran-pemikiran seperti itulah makanya pihaknya meroling para anggota dewan kedapil berbeda.”Kita turun kelapangan, sesuai jadwal dan pembagian lokasi,” kata David.

Dilanjutkannya, keikut sertaan dewan terhadap kelangsungan Pilkades ini, mengingat Pilkades tersebut menggunakan dana APBD. Karena pihaknya tidak menginginkan adanya penyimpangan-penyimpangan, untuk itu pihaknya terus mengawasi berlangsungnya Pilkades hingga usai.

“Karena menggunakan dana APBD, makanya pihaknya ikut andil dalam mengawasi Pilkades ini, “jelas David.

Diharapkannya semoga saja hingga berakhirnya Pilkades nanti kondusif dan berjalan dengan aman, walaupun hari pertama sudah terjadi keributan antar pendukung. Namun itu menjadi gambaran desa lain, untuk tidak melakukan kesalahan atau hal yang bodoh. “Semoga saja kondusif dan aman, yang kalah harus menerima kekalahan dan yang menang jangan terlalu jumawa, harus menghargai lawan kalah,”imbaunya.

Informasi dihimpun Kabar Sumatera menyebutkan, ada keraguan di masyarakat terkait ke netralan para anggota DPRD dalam pelaksanaan pilkades serentak 2015. Dugaan mencuat, sejumlah oknum wakil rakyat membackingi para calon kades yang berpotensi akan mendulang suara politik bagi kelompoknya.

Adanya backing politik, tentu bisa merusak tatanan demokrasi di tingkat pedesaan. Meskipun tidak dipungkiri, tidak sedikit para calon kades memiliki hubungan emosional atau keluarga dengan anggota DPRD Kabupaten Empat Lawang.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster