Jalan Desa Air Kelinsar Memprihatinkan

 843 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG, KS – Jalan kabupaten di Desa Air Klinsar Menuju Kecamatan Ulumusi Kabupaten Empat Lawang cukup memprihatinkan. Warga mendambakan akses dari desa mereka menuju Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) agar lebih bagus.

Pasalnya, selain banyak kerusakan dan jalannya kecil, sebagian jalan juga masih belum diaspal.
Kondisi ini sangat dikeluhkan warga, karena cukup menghambat kelancaran transportasi. Bahkan pengendara yang melintas terpaksa ekstra hati-hati, karena jalan yang kecil bak lorong tikus menyebabkan kendaraan roda empat harus menerobos rumput tebas bayang yang berada di sisi kiri-kanan jalan yang sudah mulai menutup badan jalan.

Pantauan Kabar Sumatera dilapangan, Rabu (27/5), salah satu titik kerusakan jalan menuju Desa Airkelinsar berupa amblas ini berada di kawasan Desa Airmayan, Kecamatan Paiker sudah cukup parah. Amblas jalan yang nyaris memutuskan badan jalan dengan panjang sekitar 3 meter dan kedalaman mencapai 2 meter bisa membahayakan pengendara.
Di sisi lain, kondisi jalan yang masih berupa batu lepas dan beberapa titik berlumpur, serta beberapa jembatan masih berupa batang kelapa membuat jalur ini terpaksa ditempuh dengan lambat.

Kondisi ini diperparah dengan tertutupnya badan jalan oleh rumput tebas bayang yang tumbuh di sisi kiri-kanan jalan. Sehingga kondisi jalan bak lorong yang tak memungkinkan dilalui kendaraan roda empat. Hal ini juga dikeluhkan pengendara, karena bila melalui jalan tersebut pengendara harus siap-siap kendaraannya bergaris dan buram, akibat terserempet rumput tebas bayang tersebut.

“Amblasnya badan jalan ini, karena seringkali diterjang air sungai saat pasang. Karena tak kunjung dibangun tembok pengaman, sehingga amblasnya berangsur meluas dan bertambah parah,” ungkap Sohir, salah seorang warga Desa Airmayan.

Lain halnya dengan Riyadi, salah seorang pengendara mengatakan, kondisi jalan seperti ini perlu mendapat perhatian dari Pemkab Empat Lawang dalam hal ini instansi terkait. Pasalnya, dampaknya selain menghambat kelancaran transportasi, juga menyebabkan kendaraan banyak tergores akibat rumput tebas bayang yang sudah menutup badan jalan.

“Pengendara tak bisa melaju cepat, karena kondisi jalan yang tak memungkinkan. Kendaraan juga banyak bergaris akibat rumput tebas bayang yang tak bisa dihindari lagi, karena sudah sempit, sebab rumput sudah menutup badan jalan,” terangnya.

Ditambahkannya, selain menghambat kondisi seperti ini juga membahayakan pengendara, karena kendaraan terpaksa melalui satu jalur. Bilamana berpapasan, salah satu kendaraan terpaksa mengalah dengan menepihkan kendaraan menerobos rumput di pinggiran jalan.
“Jalan kabupaten ini sudah membahayakan pengendara, makanya harus ada upaya dari pemerintah, setidaknya melakukan penebasan rumput tebas bayang jalan kabupaten ini. Ya, jangankan mau menghindar, kalau lalulintas saja terpaksa satu jalur,” tukasnya.

TEKS/FOTO : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster