Waspada Calo, Saat Penerimaan Siswa Baru

 191 total views,  2 views today

Palembang – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Palembang Ahmad Zulinto menghimbau kepada semua wali murid yang menginginkan anaknya masuk ke sekolah pavorit, untuk waspada sistem percaloan saat memasuki sekolah sekolah menengah pertama (SMP) maupun SMA.”Sekarang sedang musim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), maka semakin banyak siswa yang ingin masuk ke sekolah favorit, baik untuk tingkat SMP maupun SMA. Kesempatan ini, biassanya di manfaatkan oknum yang nakal untuk menjual bangku kepada calon siswa yang ingin bersekolah di tempat yang favorit atau sekolah negeri, oleh itu harus lebih waspada,”ungkapnya, Minggu (17/5).

Zulinto mengatakan, pihaknya tidak menampik adanya permainan dalam proses penerimaan siswa baru ini. Tapi, pihaknya berusaha agar hal tersebut tidak terjadi.

“Jika memang ditemukan, kami akan berikan sanksi kepada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut, sehingga mereka tidak mengulangi tindakan pelanggaran tersebut,”katanya.

Zulinto menegaskan, bagi guru maupun staf Disdikpora yang melakukan percaloan, akan diberikan sangsi sesuai dengan prosedur yang ada, seperti sangsi teguran secara administrasi, hingga pemberhentian.

“Hukuman paling berat diberhentikan atau penundaan kenaikan pangkat,”tegasnya.

Dengan demikian, pihaknya berharap agar staf maupun Kepala Sekolah (Kepsek) jangan melakukan hal tersebut, karena penerimaan siswa baru harus sesuai dengan prosedur serta berdasarkan kuota yang telah disepakati.

“Kami meminta kepada semua siswa maupun orang tua mereka jangan percaya kepada oknum yang memperjual belikan bangku, bisa saja nantinya oknum tersebut hanya menipu. Hal itu sama saja seperti menjual belikan soal ujian,”bebernya.

Terpisah, Kabid SMA/SMK Disdikpora Palembang, Lukman Haris mengatakan, seleksi PPDB jalur penelusuran minat dan prestasi akademik (PMPA) telah dibuka semenjak 12 Mei lalu dan akan berakhir 19 Mei mendatang.

“Jalur ini merupakan undangan ke siswa untuk masuk ke sekolah yang diinginkan tanpa melalui jalur tes,”katanya.

Selain itu, sambung Lukman, untuk pendaftaran dari sekolah ke sekolah asal tujuan dibuka dari 20 hingga 30 Mei.

“Diusahakan jangan telat. Sebab sekolah hanya menampung 10 persen lewat jalur ini dari kuota yang disediakan,”tutupnya.

TEKS : TRIE PUTRA
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster