Pantau Aktifitas Siswa Via Phonsel

 218 total views,  2 views today

Cyber. Foto : Google Image

Cyber. / Foto : Google Image

EMPAT LAWANG | KS – Program Cyber School dan Cyber Government akan digalakkan di Kabupaten Empat Lawang. Tujuan program itu untuk meningkatkan pendidikan dan pemerintahan. Untuk wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), Kabupaten Empat Lawang yang pertama kali melakukan sosialisai program ini. Sosialisai yang digelar langsung oleh PT Manda Debby Cyber (MDC) ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna (GSG) Empat Lawang, belum lama ini.

Ratusan pegawai negeri sipil (PNS) mulai dari kepala sekolah (kepsek) SD hingga SMA dan camat seluruh Kabupaten Empat Lawang mengikuti sosialisasi tersebut.

Direktur Utama PT MDC , Manda Wijaya menjelaskan, untuk program Cyber School, semua wali murid dari SD hingga SMA sederajat diberi handphone (hp) lengkap dengan satu kartu perdana telkomsel secara gratis. Dari handphone itulah, wali murid bisa memantau kegiatan anaknya di sekolah. Apakah masuk sekolah atau sedang bolos.

“Phonsel nya sudah berbasis android, harga berkisar Rp500 ribuan. Dari hp itu wali murid bisa mantau anaknya di sekolah dan banyak lagi manfaatnya. Sebab di setiap ruang sekolah nanti juga dilengkapi kamera CCTV, Finger Print (absensi pakai jari tangan),” jelasnya.

Selain itu PT MDC juga menyiapkan aplikasi khusus di hp tersebut, aplikasi itula yang digunakan untuk memantau siswa. Semuanya gratis dalam satu komunitas, hanya mengeluarkan uang untuk isi pulsa Rp50 ribu saja perbulan.

Sama halnya di instansi pemerintahan, dengan satu hp bisa memantau suatu instansi. Bahkan di setiap sekolah maupun instansi pemerintah dilengkapi dengan pegawai yang mengurusi server dan lainnya.

Terpisah, Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri (HBA) sangat mendukung adanya program tersebut. Dia mengharapkan jika programnya nanti sudah berjalan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Dunia sekarang sudah dunia canggih, jadi sudah menggunakan berbagai teknologi salah satunya internet,” jelasnya.

HBA juga berharap kepada Wakil Bupati H Syahril Hanafiah bisa membagi tugas terutama masalah pendidikan. Dunia pendidikan di Empat Lawang harus maju, kalau bisa dan cocok dengan masyarakat, maka bupati mendukung penuh.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster