Uji Coba Jembatan Duplikasi Musi II Molor

 391 total views,  2 views today

Ilustrasi Jembatan Duplikasi Musi II Palembang. | Dok KS

Ilustrasi Jembatan Duplikasi Musi II Palembang. | Dok KS

PALEMBANG – Uji coba jembatan duplikasi Musi II, dipastikan kembali molor dari waktu yang ditentukan. Pasalnya, pihak Kementerian Pekerjaan Umum (PU) RI harus memeriksa satu persatu kekuatan kabel gantung atau hanger utama yang ada ditengah jembatan. Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) III, Aidil Fitri mengatakan, uji coba jembatan baru akan dilakukan akhir Maret mendatang.

“Sebelumnya kita jadwalkan awal Maret sudah dilakukan uji coba, tapi pengecekan kekuatan kabel gantung belum selesai,” katanya, Jum’at (27/2). Ia berharap, masyarakat bisa memaklumi keterlambatan uji coba tersebut. Karena, pihaknya mengutamakan keselamatan pengguna jembatan.

“Masyarakat harus tahu mengapa jembatan belum juga dilakukan uji coba, berbagai pemeriksaan harus dilakukan, pemeriksaan kekuatan kabel gantung merupakan pengecekan terakhir sebelum uji coba jembatan dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara itu, Subdit Tehnik Jembatan Direktorat Bina Tehnik, Kementrian PU Heri Yugyantoro mengatakan, pengecekan harus dilakukan dengan teliti guna menangkap hasil sensor kecepatan.

“Kekuatan beban aspal, akan dibandingakn dengan alat pengukur getaran jembatan, sehingga akan diketahui saat kendaraan yang melintas kekuatan kabel gantung,”katanya, disela-sela melakukan pengecekan kabel gantung jembatan duplikasi Musi II.

Heri menjelaskan, tegangan kabel gantung hasrus dilakukan sesuai standar pengerjaan jembatan, untuk menguji kelayakan kekuatan jembatan. Karena, jemabatan itu berhubungan erat dengat keselamatan pengguna jalan.

“Sekarang pemeriksaan kabel gantung baru di lakukan di sisi Ampera, selanjutnya pemeriksaan akan beralih ke sisi jembatan Gandus,” bebernya. Heri menambahkan, total kabel gantung yang ada di sisi Ampera sebanyak 74 buah, saat ini sudah 27 kabel gantung yang diperiksa.

“Dari hasil pemeriksaan, kekuatan kabel akan diketahui melalui pemeriksaan tim, pengecekan tidak bisa dilakukan secara sembarangan, hasil pemeriksaan kabel gantung akan menangkap sensor kecepatan kekuatan jembatan yang dikoneksi pemeriksaan secara komputerisasi yang berbentuk grafik yang dikeluarkan secara acak. Kalau ada kabel yang tidak sesuai dengan kekuatannya hasilnya akan ketahuan,” tutupnya.

 

TEKS        : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster