Sungai Musi tak Hanya di Palembang

 311 total views,  6 views today

kabar-suamtera-sungai-musi

Ilustrasi Sungai Musi | Dok KS

PALEMBANG – Tidak banyak orang yang mengetahui, bahwa sungai Musi bukan hanya milik kebanggaan wong Palembang. Di India, terdapat juga sungai Musi bernama hyderabad. Konon nama sungai Musi yang membentang dari timur ke barat hingga ke laut Teluk Bengali tersebut memiliki cerita historis yang sangat kental dengan Sungai Musi di Palembang.

Dijumpai Kabar Sumatera, di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Naresh Kumar, pengamat budaya Melayu, sekaligus arkeolog dari negeri Bollywood mengatakan, jika antara kedua sungai tersebut memiliki cerita yang sangat dekat. Hal itu disampaikan Naresh melalui juru bahasanya, Conny Sutedja.

Kepada koran ini, Naresh menyampaikan jika, nama Sungai Musi yang ada di Palembang (Musi River) dan sungai Musi Hyderabad memiliki artian yang sama. Dikatakan Sungai Musi, karena sungai ini mengalir dari timur ke barat.

“Jika Sungai Musi di Palembang mengalir dari Palembang hingga laut Sungsang. Sementara sungai Musi Hyderabad membelah kota Hyderabad hingga ke Teluk Bengali. Nah keterkaitan antara kedua nama sungai tersebut, sebenarnya berawal sejak zaman Sriwijaya. Di mana banyak dari para pedagang India yang melintasi jalur sungai ini hingga mempertemukan antara pedagang India dan pedagang dari Palembang tersebut di sebuah dermaga yang dikenal dengan nama Musi Ogan. Nah, tempat ini lah yang melatari kesepakatan antara Palembang dan India untuk menamakan wilayah perairan dagang tersebut dengan Musi, “ ungkap Conny Sutedja.

Untuk diketahui, dahulu ada seorang tokoh Palembang yang bernama Puyang Air Hitam. Sambung Conny, tokoh inilah yang konon menamai dermaga tersebut. Belum diketahui pasti, siapa Puyang Air Hitam tersebut, namun menurut catatan yang ditulis oleh Murianha Kumar Faseh dalam bahasa sansakerta, Puyang Air Hitam adalah seorang Panglima Perang di bawah tampuk kekuasaan Balaputera Dewa, Raja Sriwijaya yang pernah berkuasa.

“Sungai Musi sendiri mewakili sembilan sungai besar (Batanghari Sembilan) yang ada di Sumatera Selatan. Sementara sungai Musi di Hyderabad juga mewakili sembilan sungai yang ada di India,” ujar Conny.

Disinggung mengenai siapa yang pertama menggunakan nama sungai Musi tersebut. Dirinya menyebut, tentunya Sriwijaya karena Srwijaya juga turut menguasai daratan India kalah itu. Zaman dahulu kedua sungai ini merupakan urat nadi perdagangan yang penting, sambung dia. Kalau sungai Musi di Palembang memiliki Jembatan Ampera yang dibangun tahun 1965, maka sungai Musi di Hyderabad juga mempunyai jembatan historis yang bernama Purana Pul yang dibangun pada abad 16. Kedua jembatan ini menghubungkan kota lama dengan kota baru.

“Sungai Musi di Hyderabad dalam sejarahnya pernah mengalami musiba air bah besar di tahun 1908 yang menelan korban jiwa . Sungai Musi di Palembang sepanjang yang saya ketahui belum pernah menyebabkan banjir besar di kota Palembang. Dari statistik geologisnya sungai Musi di Hyderabad memiliki panjang 270 kilometer, sedangkan sungai Musi di Palembang jauh lebih luas yakni memiliki panjang 750 kilometer, “ terangnya.

Kalau mau jujur, kata Conny, tentu sungai Musi Palembang yang pertama memakai nama ini, sementara Sungai Musi yang ada di India itu merupakan penghormatan mereka terhadap Sriwijaya. Ya, memang Sriwijaya itu, dahulu kan kerajaan maritim terbesar yang pernah ada.

Menyikapi hal itu, Vebri Al Lintani pemerhati budaya Palembang dalam sebuah kesempatan mengatakan, jika sungai Musi ini adalah saksi bisu keberadaan kehidupan di masa lalu. Selain itu, kata Vebri sungai Musi ini juga menjadi induk dari sungai-sungai besar yang ada di Sumsel.

“Sungai Musi memiliki Sembilan anak sungai besar yang tersebar hampir di semua kabupaten kota di Sumsel. Salah satunya, Sungai Ogan, Sungai Leko, Lakitan, Musi Rawas, Lematang, Komering dan lain-lain,” ujarnya singkat.

 

TEKS      : JEMMY SAPUTERA

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster