Banyak Pedagang Gunakan Timbangan Plastik

9 total views, 3 views today

PALEMBANG -Dianggap sebagai pasar tertib ukur tahun 2013 oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, dua pasar tradisional yang ada di Metropolis yakni, pasar Plaju dan pasar Sekip Ujung dapat bantuan timbangan standar masing-masing 20 unit.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Palembang Syahrul Hefni mengatakan, kedua pasar tersebut sudah menggunakan alat ukur yang sesuai standar berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 1981 tentang metrologi legal.

“Dua pasar itu memang kami persiapkan untuk jadi pasar tertib ukur. Alhadulillah Kemendag RI apresiasi positif, dengan diberikannya bantuan timbangan standar dengan total 40 unit untuk dua pasar itu,”ungkapnya, usai penyerahan bantuan timbangan standar, dari Kemendag RI, di pasar Plaju, Jum’at (27/2).

Selain sudah tertib ukur, sambung Syahrul, kedua pasar itu juga memiliki manajemen pengelolaan yang baik. Sehingga di jadikan proyek percontohan pasar tertib ukur.

“Bantuan ini untuk motivasi bagi kami untuk meningkatkan pengawasan dan pelayanan tera dan tera ulang. Demi melindungi konsumen atas kebenaran hasil pengukuran,”ujarnya.

Syahrul mengaku, masih banyak pedagang di pasar tradisional di Palembang menggunakan timbangan plastik. Padahal, timbangan plastik itu hanya untuk tepung, bukan barang-barang pasar.

“Kedepan semua pedagang harus menggunakan timbangan standar. Sehingga konsumen tidak merasa dibohongi, karena timbangan yang sering digunakan pedagang, sering tidak tepat ukur,”akunya.

Ditanya mengenai sangsi bagi pedagang yang nakal ? Syahrul menjawab, sesuai UU Nomor 2 Tahun 1981 ada sangsi tegas bagi mereka yang tidak menggunakan timbangan standar sebagai alat ukurnya.

“Sangsi mulai dari teguran, hingga pidana. Karena sudah merugikan orang lain dalam hal ini konsumen,”katanya. Di tempat yang sama, Plt Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, pihaknya berharap semua pasar dapat tertib ukur.

Ia meminta kepada dinas terkait untuk mengajukan agar semua pasar di Metropolis dapat bantuan timbangan standar.

“Kalau bisa semua pedagang pakai timbangan standar, kita akan terus berupaya memberika yang terbaik,” ujarnya.

 

TEKS        : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com